10 Finalis SCA 2017 Jalani Tahap Implementasi Proposal Road Safety

Setelah tahun 2014, 2015 dan 2016, tahun ini untuk keempat kalinya Adira Insurance melalui program Corporate Social Responsibility yang bertajuk ‘I Wanna Get Home Safely!’(IWGHS) menggelar ajang Safety Campaign Award (SCA). SCA 2017 sebuah ajang apresiasi kepada para biker yang tergabung didalam komunitas atau klub se-Jadetabek yang mengampanyekan pentingnya menjaga keselamatan di jalan.

Melalui ajang SCA ini, para bikers berkompetisi untuk membuat kegiatan kampanye yang unik dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan impact yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

Loading...


“Tahun ini untuk keempat kalinya, kami kembali menggelar ajang SCA 2017. SCA digelar sebagai bentuk apresiasi Adira Insurance terhadap komunitas motor yang aktif mengampanyekan keselamatan di jalan,” ujar Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance di Walking Drum Pati Unus Jakarta Selatan usai Sunmori (Sunday Morning Ride) bersama awak media, (29/10).

Indra juga berharap melalui SCA semakin banyak peran para bikers, juga lapisan masyarakat lainnya untuk terus aktif mengampanyekan keselamatan di jalan dan mengajak orang lain khususnya orang-orang terdekatnya untuk berperilaku aman dan selamat saat berada di jalan.

Loading...


Sejak dibuka pendaftarannya bulan Agustus hingga Sepetember 2017 melalui website www.gethomesafely.co.id tercatat 110 peserta SCA 2017, setelah melewati penyaringan dari proposal kegiatan kampanye road safety yang masuk terpilih 10 komunitas/klub menjadi finalis.

Dimana pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan impact yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan. Tujuan SCA untuk mendorong keterlibatan bikers dalam menyebarluaskan kampanye keselamatan jalan, serta memberikan contoh atau role model bagi komunitas lain dan masyarakat luas.

Loading...


“Berbeda dari pelaksanaan SCA di tahun sebelumnya, tahun ini, kami melakukan beberapa pengembangan diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas para mentor serta pilihan tema kampanye yang tidak hanya terkait pada upaya preventif saja, tapi juga manajemen risiko dari kecelakaan itu sendiri”, ujar Indra.

Indra menambahkan, bahwa para mentor SCA diberikan training for trainer yang harapannya dapat meningkatkan kualitas dari implementasi kampanye yang dilakukan para finalis. Selain itu, para mentor juga memiliki peran sebagai coach bagi finalis dan mendampingi para finalis hingga tahap implementasi.

STIR.COM implementasi di SMK Link and Match Pd. Cabe Tangsel

Saat ini, finalis SCA 2017 tengah memasuki tahap implementasi, dimana mereka akan mengimplementasikan proposal kampanye keselamatan jalan yang dibuatnya didampingi oleh para mentor yang ahli di bidang road safety. Usai implementasi, para finalis akan mengikuti penjurian melalui presentasi hasil laporan kegiatan di hadapan dewan juri, yang terdiri dari para pakar road safety.

Loading...


“Bobot penilaian SCA 2017 lebih mengutamakan faktor dampak atau impact dari pelaksanaan kampanye keselamatan jalan sehingga secara perlahan tetapi pasti dapat mewujudkan zero accident di Indonesia,” tutup Indra.

VRCI implentasi di Car Free Day Kota Bekasi

Inilah 10 finalis SCA 2017 :

1. HSFCI (Honda Street Fire Club Indonesia) Bekasi

Loading...


2. KOSTER (Komunitas Suzuki Thunder)

3. NMAX Rider Bekasi

4. PRIDES

Loading...


5. SKILL’S

6. SSFC (Suzuki Satria FU 150 Cub) Depok

7. STIR.Com (Sahid Tourism Riders Community)

Loading...


8. TRiC (Tiger Riders Club)

9. VRCI (Verza Rider Community Indonesia) Bekasi

10.YMCI (Yamaha MX Club Indonesia) Tangerang

Loading...