Monday, January 18, 2021

3 Jenis Pelanggaran Aturan Berlalu Lintas Bahaya Yang Sering Dilakukan Pemotor

Ada beberapa jenis pelanggaran yang kerap sekali dilakukan oleh pengendara motor. Pelanggaran tersebut tentunya dapat membahayakan pengendara itu sendiri, maupun kepada pengendara lain.

Aturan berlalu lintas dibuat demi keselamatan pengendara dan tentunya, untuk menjaga ketertiban jalan raya. Jika banyak pelanggaran berlalu lintas yang dilakukan, maka dipastikan jalanan akan semerawut dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

Setidaknya ada 3 jenis pelanggaran fatal yang kerap dilakukan oleh pemotor yang utamanya sering terjadi di ruas jalan kota besar.

Jenis Pelanggaran

Tidak menggunakan helm

Menggunakan helm sangat diwajibkan bagi pengendara sepeda motor. Helm berfungsi sebagai pelindung bagian kepala dari pengendara motor dan dapat meminimalisir potensi risiko cedera kepala dan leher pengendara saat terjadi kecelakaan.

Kewajiban menggunakan helm standar nasional Indonesia bagi pengendara sepeda motor diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) yang berbunyi :

  1. Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.
  2. Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Selain itu, Pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 mengatur bahwa:

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update