3 Komponen Motor Ini Bisa Dicek Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

3 kompnen motor

Agar sepeda motor Sobat Zonbie tetap nyaman saat digunakan, ada 3 komponen motor yang harus Sobat Zonbie cek secara berkala.

Sebagai alat transportasi atau sebagai kebutuhan hobi, sepeda motor pun perlu perawatan yang baik. Perawatan secara berkala tentunya akan membuat motor yang Sobat Zonbie miliki jadi lebih nyaman digunakan.

3 kompnen motor

Loading...


Pengecekan pun tidak mesti harus ke bengkel Sobat Zonbie bisa melakukannya dirumah. Setidaknya ada 3 bagian motor yang bisa Sobat Zonbie cek dan lakukan pengecekan sendiri tanpa ke bengkel.

Technical Service Function, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) jelaskan beberapa tips perawatan dan pencegahan tiga unsur penting untuk kenyamanan dan keamanan sebuah sepeda motor. Adapun ketiga komponen tersebut adalah komstir, shockbreaker dan bearing roda. Gangguan pada salah satu komponen tersebut dipastikan faktor kemanan dan kenyamanan berkendara akan berkurang. Berikut beberapa tips menjaga sekaligus mendeteksi gangguan ketiga komponen tersebut.

Komstir

Loading...


Komstir yang bermasalah akan menimbulkan bunyi aneh ketika motor direm. Bunyi tersebut pertanda penyetelan komstir yang kendor dan perlu dikencangkan. Pengecekan komstir pun bisa Sobat Zonbie lakukan dengan cara lain seperti posisikan motor pada standar utama lalu gerakan kemudi ke kiri dan kanan. Jika ada kendala seperti seret atau ada bunyi aneh, segera bawa motor ke bengkel AHASS terdekat untuk dilakukan penyetelan ataupun penggantian komstir jika dibutuhkan.

Suspensi

Suspensi motor yang masih baik memiliki tingkat rebound yang baik. Jika suspensi berasa keras saat motor digunakan, ada beberapa penyebab yang menyebabkan suspensi keras diantaranya adalah seal suspensi bocor, pegas suspensi yang sudah tidak berfungsi atau adanya kotoran pada as suspensi.

Loading...


Bearing Roda

Bearing roda atau sering disebut klaher roda bisa di cek dengan cara memutar roda motor, jika roda berputar tidak lurus atau simetris maka bisa dipastikan bearing roda motor tersebut bermasalah.

Setelah melakukan pengecekan sendiri jika ditemukan ada masalah pada tiga komponen motor tersebut Technical Service Function, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati menyarankan untuk segera melakukan perbaikan atau penggantian di bengkel AHASS terdekat.

Loading...