Monday, January 18, 2021

3 Unsur Sentimen Yang Perlu Diketahui Komunitas Motor Sobat Zonbie

Komunitas motor saat ini tengah menjamur dimana-mana Sob, komunitas merupakan sarana bagi para bikers dalam menjalani kesamaan hobinya. Bukan hanya sekedar kesamaan hobi, bagi para bikers komunitas merupakan keluarga kedua bagi dirinya.

Komunitas Motor

Kuatnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan dalam sebuah komunitas, yang membuat komunitas tersebut bisa bertahan lama. Sesuai dengan ciri-cirinya komunitas  adalah :

  1. Terdiri dari lebih dari 1 orang
  2. Adanya kesamaan antar anggota
  3. Adanya rasa saling peduli yang baik sehingga tidak menjadi faktor perubahan sosial di kemudian hari
  4. Adanya relasi pribadi yang erat
  5. Adanya ketertarikan yang sama

Ciri-ciri tersebut ditunjang oleh 3 unsur atau dasar sentimen yang dapat memperkuat jalinan ikatan komunitas motor tersebut hingga semakin kuat dan dapat bertahan lama. Apa saja unsur tersebut? Yuk kita simak Sob penjelasannya dibawah ini.

Unsur-unsur Sentimen Komunitas terdiri dari :

  1. Unsur seperasaan

Unsur seperasaan merupakan unsur yang menyebabkan seseorang untuk berusaha mengidentifikasi dirinya sama seperti orang-orang yang tergabung dalam komunitas tersebut, sehingga hal ini mendorong terhambatnya bentuk-bentuk perubahan yang terjadi pada anggota dalam komunitas. Adanya perasaan yang sama dalam komunitas mendorong terciptanya rasa solidaritas dan saling dukung antar anggota komunitas.

  1. Unsur sepenanggungan

Setiap anggota komunitas sangat sadar akan peran dan fungsinya dalam komunitas tersebut. Keadaan yang terjadi dalam komunitas memungkinkan anggotanya menjalankan peranannya masing-masing sehingga hal ini mendorong anggota komunitas dalam memiliki kedudukan yang sejajar dan pasti dalam komunitas tersebut.

  1. Unsur saling memerlukan

Unsur saling memerlukan mempengaruhi setiap anggota suatu komunitas untuk mencegah terjadinya disintegrasi sosial, saling merasakan sebuah ketergantungan terhadap komunitas yang diikutinya baik dalam dalam berbagai segi, sehingga hal ini membuat anggota komunitas menjadi saling memerlukan.

Latest Update