Cara jitu untuk lolos dari razia

4 Cara Jitu Untuk Lolos Dari Razia Kepolisian Lalu Lintas

Ada razia Polisi Lalu Lintas di jalan? engga perlu takut Sob! Zonbie akan berbagi cara jitu untuk lolos dari razia. Bagaimana caranya? Simak saja artikel ini.

Cara jitu untuk lolos dari razia

Untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, Kepolisian Lalu Lintas kerap adakan operasi atau razia. Selain itu, razia berguna untuk menekan angka kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor. Razia yang digelar oleh Kepolisian ada yang memang dilakukan rutin dalam waktu tertentu, ada juga yang digelar secara situasional.

Adakalanya razia dianggap sesuatu yang menakutkan bagi sebagian pengendara di Indonesia. Untuk itu tanpa panjang lebar, berikut Zonbie akan kasih cara jitu untuk lolos dari razia.

1. Siapkan Surat-surat

Sebelum berangkat beraktifitas dengan menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya Sobat Zonbie periksa kembali surat-surat kendaraan sudah terbawa. Surat yang dimaksud adalah Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pastikan surat-surat yang musti Sobat Zonbie bawa tersebut dalam keadaan aktif masa berlakunya. Segera buat SIM jika belum punya atau urus perpanjangannya jika telah habis masa berlakunya, Pastikan STNK dalam keadaan aktif, segera bayar pajak kendaraan jika telah masuk waktu bayar.

Ketika dihentikan saat razia, tunjukkan surat-surat tersebut kepada Polisi yang bertugas.

2. Periksa Kendaraan

Pastikan kendaraan yang Sobat Zonbie gunakan dalam keadaan laik jalan. Perangkat seperti kaca spion dan plat nomor pastikan terpasang dan sesuai dengan ketentuan standar yang ditetapkan.

Pengguna sepeda motor wajib menyalakan lampu utama, pastikan lampu sign, lampu belakang dan lampu rem berfungsi dengan baik.

3. Gunakan Helm

Pastikan Sobat Zonbie berkendara dengan motor kesayangan juga menggunakan helm yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Di Indonesia setiap helm yang digunakan wajib bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

4. Jangan Panik

Ketika berkendara dan dikejauhan terlihat petugas Kepolisian yang sedang bertugas razia, Sobat Zonbie jangan panik. Jangan juga mencoba menghindari razia dengan memutar balik kendaraan dan melawan arus, itu sangat berbahaya Sob.

Tetap berkendara dengan tenang. Jika dihentikan oleh petugas, berhentilah sesuai dengan arahan dari petugas tersebut. Balas sapaan dari petugas dengan sopan dan tunjukkan surat-surat kendaraan.

Nah itu tadi 4 cara jitu untuk lolos dari razia, jika Sobat Zonbie tidak melanggar peraturan berlalu lintas dipastikan Sobat Zonbie lolos dari tilang.

 

Comments
Shares