4 Kode Touring Dasar Yang Perlu Diketahui Bikers

Kode Touring

Salah satu cara berkomunikasi ketika sedang riding / touring bersama, 4 kode touring ini perlu Sobat Zonabikers ketahui.

Ketika melakukan aktivitas riding bareng, mungkin belum semua bikers memiliki alat komunikasi riding seperti intercom. Umumnya para bikers menggunakan kode touring pada situasi tertentu untuk saling berkomunikasi.

Baca Juga : Pelumas Suzuki ECSTAR Dari Balap MotoGP Ke Motor Harian

Loading...


Untuk itu, ketika sedang touring bersama, Sobat Zonabikers wajib mengetahui beberapa kode touring seperti simbol atau sandi-sandi dalam group touring.

“Ada beberapa kode touring dasar ketika berkendara yang aman jika para bikers melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

4 Kode Touring

Loading...


Selain itu, hal lain yang disarankan adalah untuk fokus dan tetap memberikan sandi-sandi aman berkendara di jalan raya.

Ini berfungsi supaya anggota atau rekan konvoi bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar.

Baca Juga : Busi Panas dan Busi Dingin NGK, Pahami Kode Uniknya Agar Tak Salah Pilih

Loading...


Baca Juga : Cek Warna Elektroda Busi, Kamu Akan Tau Kondisi Mesin Motor Mu

“Hal ini biasanya dilakukan oleh Road Captain yang memimpin perjalanan touring,” kata Ludhy.

Tugas dari Road Captain adalah memberikan informasi kepada para anggota lainnya seperti untuk menghidupkan mesin, adanya jalan berlubang ketika diperjalanan, memberikan isyarat berbelok dan berhenti perlahan.

Loading...


Berikut 4 kode atau isyarat dasar dalam berkendara grup yang perlu diperhatikan :

Menghidupkan Mesin

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motor nya.

Loading...


Jalan Berlubang

Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

Berbelok

Loading...


Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan berbelok. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

Berhenti Perlahan

Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

Loading...


“Selain kita harus memahami sandi-sandi dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Pengendara juga wajib menggunakan Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Masker untuk selalu tetap #Cari_Aman saat berkendara,” tutup Ludhy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here