Masalah Keuangan

4 Penyebab Masalah Keuangan Setelah Hari Raya Yang Harus Diketahui

Hari raya Idul Fitri telah usai, mudik dan silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat pun sudah terlaksana. Satu hal yang tidak disadari oleh Sobat Zonbie usai larut dalam euphoria lebaran biasanya adalah masalah keuangan.

Sadar atau tidak, pola belanja saat menjelang, hingga lebaran usai akan berpengaruh pada masalah keuangan Sobat Zonbie untuk beberapa waktu ke depan.

Hal apa saja yang secara tidak sengaja bisa mengganggu keuangan Sobat Zonbie? berikut adalah beberapa kebiasaan yang tidak disadari bisa mengganggu keuangan Sob!

  1. Makan Diluar

Biasanya ada rasa bosan jika harus menikmati makanan yang biasa tersaji saat lebaran di rumah, ketupat, opor dan rendang jadi hidangan yang sudah pasti ada di rumah sanak saudara.

Guna menghindari rasa bosan, biasanya beberapa orang dan keluarganya akan makan diluar seperti ke restoran atau rumah makan lainnya yang tidak menyajikan makanan khas lebaran tadi.

Hal ini jelas akan mempengaruhi keuangan Sobat Zonbie, biasanya kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang diluar dari rencana ber-lebaran sebelumnya.

     2. Menunda pembayaran tagihan

Satu hal lagi yang biasanya secara tidak sengaja akan berpengaruh pada keuangan Sobat Zonbie ke depan adalah menunda membayar tagihan.

Ada kebiasaan buruk pada beberapa orang untuk menunda membayar beberapa tagihan seperti, cicilan rumah, motor atau kartu kredit. Rencana membayar setelah hari raya tinggal rencana yang ada malah tagihan menumpuk.

Kegiatan ini tentunya sangat membahayakan keuangan Sobat Zonbie di kemudian hari, hindari untuk menunda membayar tagihan Sob!

    3. Mengabaikan perawatan kendaraan

Sudah jadi kebiasaan, mudik saat lebaran jadi hal yang wajib. Kebanyakan pemudik saat lebaran hanya mempersiapkan kendaraan untuk melakukan perjalanan mudik saja dan melupakan perawatan kendaraan usai digunakan perjalanan mudik.

Menunda perawatan kendaraan usai digunakan untuk perjalanan jarak jauh sangat berbahaya dan bisa menyebabkan masalah bagi kendaraan itu sendiri dan tentunya akan menyebabkan over budget saat perbaikan dikemudian hari.

    4. Berubah rencana pengeluaran

Umumnya ada perencanaan pengeluaran keuangan tersendiri sesaat sebelum hari raya, namun ada kalanya ada sesuatu hal pengeluaran yang ada diluar rencana.

Sebaiknya Sobat Zonbie bisa membuat rencana pengeluaran keuangan yang lebih matang. Jika perlu siapkan dana cadangan yang dipersiapkan untuk menutupi keperluan yang mendadak saat hari raya.

Apa saja kebutuhan mendadak tersebut? ini contohnya :

  • Sakit
  • Diajak tamasya ke lokasi wisata
  • Diajak makan di restoran
  • Kendaraan tiba-tiba bermasalah
  • Dan banyak lainnya

 

Nah itu dia Sob, beberapa penyebab kendala keuangan yang biasanya dirasakan oleh beberapa orang usai hari raya lebaran. Semoga dengan artikel ini bisa jadi catatan pengingat bagi Sobat Zonbie di kemudian hari.

Comments
Shares