5 Kelompok Pengendara di Jalanan, Kamu Kelompok Yang Mana?

5 Kelompok - Microsleep

Setiap bikers punya karakter dan gaya berkendara yang beragam. Keberagaman itu pun membuat pengelompokan pengendara itu terjadi.

Setidaknya ada 5 kelompok pengendara yang terbentuk dari perilaku berkendara mereka. Namun yang sangat disayangkan, 4 dari kelompok tersebut adalah kelompok yang cendrung menonjolkan kebiasaan dan perilaku negatif yang bisa menimbulkan potensi bahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain.

5 kelompok pengendara tersebut adalah :

Loading...


Kelompok yang Tau Apa yang Dilakukan
Kelompok ini adalah pengendara yang meremehkan resiko dan bahaya. Meski sudah tau yang dilakukan salah, tapi tetap saja dilakukan. Celakanya, perilaku berkendara mereka ditiru banyak orang.

Kelompok yang Tak Tau Apa yang Dilakukan
Kelompok ini adalah para pengendara yang benar-benar tak paham etika dan peraturan lalu lintas. Mereka hanya berkendara mengikuti apa yang orang lain lakukan dan apa yang menurutnya benar.

Kelompok yang Tau Tapi Tak Mengerti
Kelompok ini adalah orang-orang hanya sekedar melakukan tetapi tak mengerti arti sebernarnya apa yang dia lakukan. Kelompok ini katakanlah orang-orang yang pernah mengikuti pelatihan safety riding. Dia melihat dan mendengarkan tapi tak mengerti apa makna yang dia dengarkan. Masuk kuping kanan keluar kuping kiri.

Loading...


Mereka pun cenderung takut dalam membuat keputusan atau sering ragu-ragu sehingga membuat bingung pengendara lain yang ada di dekatnya.

Kelompok yang Tak Tau Tapi Sok Tau
Kelompok ini adalah orang-orang yang stubborn atau keras kepala. Diberi tau tapi dia merasa sok tau. Seperti diberi tahu bahwa yang dilakukan salah, dia malah bilang “No… Aku sudah tau, aku sudah 20 tahun bawa motor, aku ini pejabat, pendidik, guru, pelatih,” dan banyak lagi alasan lainnya. Padahal apa yang dia lakukan adalah salah.

Kelompok ini adalah orang-orang yang tak diharapkan. Karena harusnya mereka bisa memberi contoh yang baik tapi justru memberi contoh buruk kepada pengendara lain.

Loading...


Kelompok yang Tau dan Melakukan Dengan Benar 
Pengendara ini benar-benar mendengar, melihat dan mengerti apa yang mereka lihat dan dengar lalu mereka melakukan dengan benar. Memperioritaskan kenyamanan dan keamanan berkendara serta selalu membawa surat-surat kendaraan dengan lengkap.

Sayangnya, kelompok terakhir ini adalah kaum minoritas yang selalu terintimidasi.

Kelompok ini sangat rapuh. Karena dia tahu, dia sadar dan dia lakukan dengan benar tapi lingkungannya didominasi oleh orang-orang dari 4 kelompok lainnya. Sebagai contoh; saat di lampu merah dia sudah berada di posisi yang benar, tapi orang-orang dari 4 kelompok lainnya melakukan intimidasi dengan klakson dan sebagainya.

Loading...


Yang menyedihkan, karena seringnya mengalah akhirnya tanpa sadar dia terpaksa mengikuti orang-orang dari ciri 4 kelompok lain. Semakin sering terintimidasi, akhirnya terpengaruh dan melakukan hal yang salah.

Nah, kamu kelompok yang mana?

Loading...