5 Keuntungan Ganti Oli Mesin Secara Rutin Dengan Federal Oil

Keuntungan Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Ganti oli motor secara teratur tak ada ruginya. Malah dapat 5 keuntungan ganti oli mesin secara rutin dan teratur dengan Federal Oil.

Ganti oli motor secara rutin adalah salah satu langkah perawatan mesin yang perlu dilakukan supaya performa motor tetap dalam keadaan optimal. Selain itu, penggantian oli secara rutin dan teratur juga bagian dari upaya menjaga komponen mesin agar lebih awet.

Baca Juga : Naik Level, Federal Oil Gresini MotoGP Andalkan 2 Pembalap Muda Ini Untuk Bikin Bangga

Loading...


Mengganti oli secara rutin dan teratur perlu dilakukan baik pada motor yang digunakan sebagai alat transportasi harian atau yang jarang digunakan atau lebih sering terparkir di garasi. Pasalnya, kalau oli mesin motor tidak diganti dalam waktu tertentu, maka bisa memperpendek usia pakai mesin karena fungsi perlindungan dari oli tak maksimal.

Dikatakan Nurudin, Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricant Indonesia, oli mengandung beberapa zat aditif yang diformulasikan sedemikian rupa dimana setiap aditif punya fungsi dan manfaat sendiri pada mesin sepeda motor.

“Kalau di pelumas itu, base oil itu sebenarnya sudah bisa melumasi tapi dia akan bekerja lebih maksimal lagi kalau ditambah dengan aditif,” ucap Nurudin di sela acara Ngobrol Santai Virtual bersama FORWOT (13/10/2021).

Loading...


Baca Juga : Pembalap Federal Oil Gresini Moto2, Diggia, Amankan Podium Dua, Bersiap Hadapi Balapan di Misano

Lebih lanjut Nurudin menjelaskan, aditif yang digunakan pada produk Federal Oil sendiri ada 9 jenis dimana 9 jenis aditif itu bisa kelompokan dalam beberapa kategori.

“Ada 2 zat aditif yang masuk kategori bersifat proteksi terhadap pelumas itu sendiri, kemudian ada 3 yang bersifat memengaruhi dari sifat pelumas itu sendiri, dan ada 4 zat aditif yang berfungsi untuk memproteksi atau melindungi komponen,” papar Nurudin.

Loading...


Karena itu, jika mengganti oli motor tak dilakukan secara teratur dampak paling nyata adalah mesin motor bisa cepat panas. Bahkan bagian dalam mesin kotor, berisik dan berbagai dampak buruk lainnya seperti kerusakan fatal pada komponen mesin.

Baca Juga : Kenapa Busi Racing Tak Cocok Buat Motor Standar? Alasannya Sederhana Tapi Efeknya Bisa Bikin Pusing Kepala

Makanya, mengganti oli secara rutin tak ada ruginya malah banyak untungnya.

Loading...


Berikut 5 keuntungan ganti oli secara rutin dan teratur :

Suhu Mesin Terjaga

Pada produk Federal Oil matic series ada teknologi yang bernama Heat Protection Formula. Formula ini berkerja untuk mengatur suhu panas mesin 2 kali lebih efekif sehingga membuat suhu mesin cendrung lebih stabil.

Komponen Mesin Lebih Awet

Loading...


Kalau penggantian oli dilakukan secara rutin dan teratur, komponen-komponen mesin akan terlindungi. Kerja oli yang melindungi komponen mesin ini disebut Wear Protection Technology.

Teknologi ini bekerja membantu mengurangi gesekan komponen mesin yang bergerak. Dengan kurangnya gesekan antar komponen tentu akan membuat mesin jadi lebih awet.

Hemat Bahan Bakar

Loading...


Kenapa kalau ganti oli ada kaitannya dengan hemat bahan bakar? Hal ini karena berkaitan dengan gesekan antar komponen mesin. Kalau gesekan komponen rendah, akan membuat kerja mesin semakin ringan.

Kerja mesin yang ringan akan membuat tenaga mesin yang dihasilkan lebih optimal. Nah, jika mesin bekerja optimal, konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit karena campuran udara dan bensin di ruang bakar akan terbakar secara sempurna.

“Di produk oli matic kita, ada teknologi yang namanya Advance Active Moly. Fungsinya juga untuk mengurangi gesekan yang tentunya akan membuat kinerja mesin lebih optimal dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” terang Nurudin.

Loading...


Performa Mesin Terjaga

Hal ini ada kaitannya dengan penggantian oli secara rutin dan teratur. Dengan mengganti oli secara rutin dan teratur, performa mesin tidak mudah ngedrop. Jadi kalau kinerja mesin bekerja maksimal, pelumasan bagus, bahan bakar dan lainnya saling mendukung tentu akan membuat performa mesin terjaga.

“Di produk matic Federal Oil ada teknologi yang namanya Visco Elastic Molecules. Teknologi ini berfungsi meningkatkan kinerja dan membuat akselerasi lebih enteng,” terangnya.

Loading...


Biaya Perawatan Ringan

Dengan keuntungan-keuntungan yang didapat seperti komponen mesin lebih awet, mesin lebih bersih dan lebih irit bensin, tentu biaya perawatannya jadi lebih ringan.

Nah, itu keuntungan-keuntungan yang didapat jika mengganti oli mesin dilakukan secara rutin dan teratur. Masih ragu buat ganti oli secara rutin dan teratur?

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here