Saturday, January 23, 2021

6 Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Perlu Diketahui

Hari raya Lebaran pastinya kita akan menjumpai banyak menu makanan penyebab tekanan darah tinggi dengan bahan daging, minyak, santan, lemak dan banyak lainnya.

Bila Sobat Zonbie pengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka dokter akan memberikan obat-obatan antihipertensi untuk mengendalikan tekanan darah.

Namun selain itu, Sobat Zonbie juga dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah penurun darah tinggi.

Mengutip dari situs Alodokter, asupan makanan berperan penting dalam pengendalian tekanan darah. Penderita hipertensi umumnya dianjurkan untuk mengurangi asupan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebagai gantinya, Sobat Zonbie dapat mengonsumsi buah penurun darah tinggi yang kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium.

Berikut adalah daftar buah-buahan penurun darah tinggi yang bisa Sobat Zonbie coba:

1. Pisang
Pisang adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa Sobat Zonbie konsumsi. Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. Sobat Zonbie dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal.

2. Semangka
Buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Latest Update