Kegiatan Komunitas

6 Cara Agar Sponsor Mau Melirik Proposal Kegiatan Komunitas Sobat Zonbie

Dalam sebuah komunitas bikers tidak terlepas dari berbagai kegiatan komunitas, baik yang dilakukan secara internal maupun yang melibatkan banyak pihak. Untuk berbagai kegiatan tersebut tentunya butuh sumber pendanaan dari sponsor yang bisa dikatakan susah-susah gampang untuk mendapatkannya.

Kegiatan Komunitas

Pada umumnya untuk kegiatan komunitas, bikers akan mencari sumber pendanaan kegiatannya dengan mengajukan proposal sponsor kepada perusahaan-perusahaan yang ditargetkan mampu jadi pendukung dana demi terselenggaranya kegiatan yang akan dilaksanakan.

Meski demikian terkadang sulitnya mencari sponsor jadi kendala tersendiri untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut, rasa menyerah sebelum berjuang jadi kendala terbesar untuk terselenggaranya sebuah kegiatan. Untuk itu, Zonbie akan berbagi tips agar para calon sponsor mau melirik kegiatan yang akan kalian laksanakan Sob.

Buat breakdown calon sponsor sebelum membuat proposal

Untuk menggaet sponsor, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu perusahaan atau organisasi mana yang akan memberikan suntikan dana. Untuk itu, mendaftar dan membuat break down calon sponsor terasa amat penting. Bila event ini adalah rutinitas tahunan, Sobat Zonbie bisa mendaftar sponsor apa saja yang telah bekerja sama di tahun sebelumnya. Dengan kontak yang sudah ada, Sobat Zonbie tak sulit menghubunginya lagi.

Proposal yang Sobat Zonbie buat akan lebih menggoda lagi apabila event yang diadakan memiliki relevansi dengan calon sponsor. Bintang tamu dan tema event yang aktual pun bisa jadi seksi di mata sponsor.

Proposal merupakan jalan masuk sponsor dalam event kita. Usahakan membuat proposal yang menarik dan tidak asal-asalan. Dari proposal, Sobat Zonbie menentukan benefit bagi Sobat Zonbie dan bagi calon sponsor yang ditawarkan. Terkadang, proposal yang Sobat Zonbie buat merupakan warisan dari kepanitiaan kegiatan sebelumnya. Kalau Sobat Zonbie malas dan hanya copy paste, daya tarik utama bagi calon sponsor bisa luput dimasukkan.

Minta ijin dan dukungan dari pihak pemerintahan atau stakeholder setempat

Meski jadi bagian paling menyebalkan karena harus melalui berbagai lika-liku birokrasi, ijin dan dukungan dari pemerintahan punya nilai jual tersendiri lho Sob. Sponsor akan melihat dari perijinan dan dukungan pemerintahan setempat terhadap tempat kegiatan yang akan dilaksanakan, ketika tempat kegiatan dijamin keamanan dan kenyamanannya sponsor tidak akan ragu untuk mendukung kegiatan yang Sobat Zonbie adakan.

Jangan menyerah dalam ajukan proposal, inisiatif untuk menanyakan perkembangannya

Ketika mengajukan proposal dukungan kegiatan biasanya Sobat Zonbie diminta menunggu dalam waktu yang mungkin cukup lama, beri kesempatan kepada calon sponsor dalam beberapa waktu 1-2 Minggu. Sobat Zonbie harus punya inisiatif tinggi untuk menanyakan perihal kelangsungan proposal yang diajukan, jangan hanya berpangku tangan dan menunggu.

Persiapkan presentasi ketika proposal disetujui

mempersiapkan presentasi ketika proposal disetujui adalah salah satu hal yang sangat penting, kesiapan kita dalam menguasai acara apa saja kegiatan yang akan dilakukan sangat mempengaruhi sponsor dalam mendukung kegiatan yang akan Sobat Zonbie lakukan.

Negosiasi yang cermat sebelum tanda tangan kontrak kerjasama

Jangan Sobat Zonbie kira kalau presentasi itu berarti perjalanan langsung mulus. Sesungguhnya, perkara mencari sponsor juga mirip seperti berbelanja sayur di pasar. Setelah menimbang baik buruknya event Sobat Zonbie dalam presentasi, mereka juga berhak menawar benefit apa yang akan mereka dapatkan jika berkontribusi dalam event yang akan digelar. Dalam hal ini, upayakan Sobat Zonbie bisa lebih fleksibel dalam mengatur benefit masing-masing. Terlebih pada mereka-mereka yang telah menjadi sponsor tetap.

Namun jangan sampai panitia event jadi dirugikan. Analisis untung rugi tetap harus Sobat Zonbie mainkan dengan lihai di tahap ini. Setelah deal, barulah Sobat Zobie bisa lega dan memikirkan bagaimana event dapat berjalan dengan tetap menjalankan benefit mereka.

Jaga silaturahmi dengan sponsor yang telah mendukung usai event

Setelah kerja sama usai, alangkah baiknya tetap berhubungan dengan perusahaan yang menjadi sponsor. Dengan menjaga baik hubungan, besar kemungkinan kalau perusahaan tersebut menjadi sponsor tetap event kita selanjutnya.

Bila berkesempatan menjadi panitia lagi, pekerjaan Sobat Zonbie menjadi lebih ringan karena sudah memiliki channel. Bila Sobat Zonbie sudah harus pensiun dari kepanitiaan, jangan lupa untuk mewariskan kontak mereka pada rekan-rekan di komunitas Sobat Zonbie.

Comments
Shares