6 Hal Tentang Sirkuit Mandalika, Mirip Sirkuit Legendaris Monza dan Termas de Rio Hondo

MotoGP Indonesia - Sirkuit Mandalika

ZONABIKERS.COM – Indonesia sukses jadi tuan rumah tes pra musim MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika.

Di luar pengalaman pertama para pembalap MotoGP menjajal sirkuit baru di Indonesia tersebut, Simon Crafar seorang pengamat MotoGP yang juga mantan pembalap asal Selandia Baru, mengatakan ada 6 hal tentang Sirkuit Mandalika.

Diantara yang diasebutkan, Sirkuit Mandalika memiliki karakter mirip sirkuit Monza serta Sirkuit Termas de Rio Hondo seperti dikutip Motogp.com.

Loading...


Setelah mengitari sirkuit Mandalika dengan mobil, setidaknya kata Crafar, ada 6 karakter Sirkuit Mandalika yang perlu diketahui para pembalap.

Pertama, karakter tersebut diungkapkan Crafar, hanya ada dua titik yang memaksa pembalap melakukan pengereman sangat keras, tikungan 1 dan 10.

Kedua, desain yang sangat mengalir. Crafar menuturkan bahwa karakter desain sirkuit seperti itu bukan untuk motor yang mengandalkan tenaga kuda meski tentu saja tenaga kuda akan selalu membantu.

Loading...


Kemudian yang ketiga, sirkuit Mandalika akan memacu pembalap dengan keberanian besar dengan tikungan yang sangat cepat.

Keempat, lanjut Crafar, banyak tikungan yang memaksa pembalap mengerem dan membuka throttle saat motor dalam posisi miring di tikungan.

Kondisi tersebut sangat tricky karena bisa membuat pembalap terjatuh.

Loading...


Kelima ada pada run off serta area gravel yang besar.

Dan kemipiran keenam ada banyak titik perubahan arah yang cepat. Perubahan arah yang cepat dinilai sangat fantastis dan mirip dengan Ascari Chicane di Monza dahulu.

Selain itu, Crafar juga mengatakan bahwa tikungan 6 sampai 10 sirkuit Mandalika seperti sirkuit Misano. Lalu tikungan 10 sampai 14 seperti sirkuit Sepang.

Loading...


Bagian terakhir, benar-benar mengingatkan Crafar pada bagian akhir sirkuit Termas de Rio Hondo.

“Kesan pertama pada trek ini adalah mega!,” pungkas Crafar.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here