6 Kiat Agar Paham Isi Polis Asuransi

Bagi Sobat Zonbie yang sudah melindungi kendaraanya dengan asuransi, tidak ada salahnya jika lebih memahami tentang asuransi. Jadi, jangan sampai Sobat Zonbie gagal paham apa yang sebenarnya pihak asuransi berikan untuk Anda. Pemahaman ini sangat penting ketika akan mengajukan klaim saat kendaraan rusak, terlebih saat kendaraan sedak digunakan. Karena yang sering terjadi di lapangan adalah adanya ketidakpuasan pelanggan kepada pihak asuransi, yang sebenarnya terjadi karena kekurangpahamanan pelanggan mengenai isi polis.

Jadi, untuk kenyamanan Sobat Zonbie, tidak ada salahnya ikuti beberapa kiat berikut ini:

1· Baca isi PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan seksama. PSAKBI didapat bersamaan dengan Polis. Penting untuk mengetahui istilah-istilah standar dan bahasa hukum dalam PSAKBI. Untuk lebih memudahkan pemahanam mengenai maknanya, Sobat Zonbie dapat tanyakan langsung pada petugas atau call center asuransi.

2· Baca ikhtisar isi polis, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap kendaraan Sobat Zonbie.

3· Pastikan termasuk ke dalam jenis pertanggungan apa asuransi kendaraan Sobat Zonbie, apakah Total Loss Only atau Comprehensive. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.

4· Perhatikan perluasan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, apakah kerusuhan & huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab hukum pihak ke-3, atau lainnya. Perluasan jaminan ini bisa Sobat Zonbie tanya dan minta ke petugas asuransi saat membeli polis.

5· Dalam hal pengajuan klaim, lengkapi dokumen pendukung seperti laporan kerugian dan kronologi kejadian, fotokopi polis, SIM, dan STNK.

6· Catat nomor telepon penting termasuk nomor telepon provider asuransi Anda. Untuk Garda Oto bisa dihubungi melalui Garda Akses 1 500 112.

Pemahaman lebih baik mengenai isi polis penting artinya agar mengetahui dengan pasti apa saja yang menjadi hak dan kewajiban Sobat Zonbie. Dengan begitu, hubungan lebih baik antara pelanggan dengan pihak asuransi bisa terwujud dan pihak asuransi bisa memberikan pelayanan optimal.

Comments
Shares