Cara jitu untuk lolos dari razia

6 Operasi Razia Yang Perlu Diketahui, Ini Dia Sob!

Saat sedang riding, tiba-tiba di perjalanan ada Razia yang dilakukan oleh pihak Kepolisian. Tak perlu panik Sob. Operasi Razia biasanya dilakukan secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, baik kapan dan dimana pelaksanaannya.

Operasi razia dilakukan untuk mengecek dan memastikan, para pengendara baik motor dan mobil selalu mematuhi aturan lalu lintas. Baik dari kelengkapan surat, kondisi kendaraan masih layak atau tidak dan kelengkapan atribut berkendara yang sudah sesuai dengan standar keamanan -berkendara, rambu-rambu lalu lintas. Tentunya, petugas bisa untuk menilang dan mendenda bagi yang melanggar atau lalai dalam melaksanakan peraturan lalu lintas tersebut.

Walaupun tujuannya baik, terkadang untuk beberapa orang yang kebetulan melanggar tentu kejadian ini cukup apes, apalagi denda dari penilangan dari sebuah operasi razia bisa mencapai ratusan ribu bahkan mungkin bisa mencapai jutaan. Sangat lumayan menguras dompet kan?

Untuk itu bagi Sobat Zonbie yang kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi kemana-mana lebih baik mengenali beberapa jenis razia yang sering digelar oleh aparat kepolisian lalu lintas agar bisa mengukur waktu yang tepat untuk memenuhi persyaratan berkendara yang benar seperti kapan harus membuat atau memperpanjang SIM, pajak kendaraan atau mengganti bagian kendaraan yang rusak seperti lampu atau kaca sen yang sudah retak atau pecah, agar tidak terkena denda tilang saat terkena operasi razia.

Ini dia 6 jenis razia yang sering dilaksanakan:

  1. Operazi Zebra, operasi Kepolisian ini biasa dilaksanakan antara bulan November sampai Desember
  2. Operasi Lilin, biasa dilakukan di hari-hari mendekati hari raya Natal dan Tahun Baru
  3. Operasi Patuh, biasa dilakukan dalam periode tertentu untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas
  4. Operasi Ketupat,biasa dilaksanakan menjelang Idul Fitri hingga H+7 Lebaran
  5. Operasi Lintas, dilaksanakan secara gabungan oleh Polantas, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga TNI. Operasi razia ini lah yang sering dikatakan sebagai ‘musim razia’ oleh para pengendara karena pelaksanaannya yang terbilang sangat tiba-tiba dan kapan saja
  6. Operasi Keselamatan, adalah jenis razia yang lebih terfokus dengan edukasi cara aman dalam berkendara dan pentingnya menaati aturan lalu lintas. Biasanya tidak ada penilangan di razia ini. Pelaku yang melanggar aturan lalu lintas hanya akan diberi teguran.
Comments
Shares