Penyakit Pemotor

8 Penyakit yang Harus Diwaspadai Pemotor

Motor adalah salah satu moda transportasi yang banyak dipilih orang saat ini. Selain ekonomis, kendaraan roda dua ini dianggap sebagai sarana anti macet yang tepat karena dapat diajak bermanuver kemana pun Sobat Zonbie mau. Namun di balik nikmatnya mengendarai ‘kuda besi’ ini, setidaknya ada 8 penyakit yang siap mengintai pengguna kendaraan roda dua ini. Mau tahu? Berikut 8 penyakit yang wajib diwaspadai pemotor:

  1. Gangguan saluran pernapasan

Resiko terbesar yang siap menyerang pengguna motor adalah penyakit pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasaan Akut (ISPA), Bronchitis, dan TBC. Kerasnya angin yang mengenai dada saat bermotor adalah pemicu utama munculnya tiga penyakit tersebut. Karenanya, disarankan untuk selalu memakai jaket sebagai pelindung tubuh dari terpaan angin serta masker untuk melindungi mulut dan hidung dari debu.

  1. Tinnitus

Sering mengalami telinga berdenging? Jika iya, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kerap bermotor dengan jarak yang cukup jauh dan frekuensi yang terlalu sering. Minimnya perlindungan pada kepala saat bermotor merupakan penyebab utama munculnya penyakit ini. Untuk menghindari hal tersebut, pakailah helm sesuai standar.

  1. Masalah kulit, terutama jerawat

TIdak dapat dipungkiri kalau asap adalah musuh utama bagi pengendara motor. Selain mengancam kesehatan pernapasan, asap yang mengenai bikers juga menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat. Tentunya hal ini bisa mengganggu kenyamanan. Timubulnya jerawat membuat SObat Zonbie tidak pede.

  1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Seringnya menempuh perjalanan jarak jauh ternyata meningkatkan resiko nyeri dan kram pada bagian tubuh tertentu, seperti pinggul, bahu, punggung, atau lutut. Untuk mengurangi keluhan tersebut, sebaiknya lakukan peregangan tubuh sebelum mulai berkendara seperti senam ringan atau jalan santai untuk melemaskan sendi-sendi tubuh.

  1. Saraf terjepit

Menurut Ahli Orthopedi dr. Luthfi Gatam, mengendari motor secara intens setiap harinya bisa menyebabkan saraf terjepit. Getaran dari motor yang diterima oleh tubuh dalam jangka panjang bisa merobek saraf. Untuk itu, disarankan bagi pengguna motor rutin berolahraga untuk melatih saraf mereka. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein untuk membuat otot jadi lebih kuat.

  1. Iritasi mata

Keluhan yang juga umum diutarakan oleh pengendara motor adalah mata perih, akibat paparan angin, asap, serta polusi yang mengenai mata saat berkendara. Sebagai solusi, disarankan untuk selalu membawa obat tetes mata. Sehingga, saat mata terasa kering, Sobat Zonbie bisa segera membasahinya dengan obat tetes mata yang dibawa.

  1. Wasir

Penyakit yang juga harus diwaspadai adalah wasir, atau dalam dunia kedokteran disebut hemaroid. Hemaroid muncul akibat pelebaran dan peradangan pembuluh darah balik (vena) di anus atau rektum, karena terlalu lama duduk saat berkendara motor. Oleh karena itu, apabila Sobat Zonbie harus menempuh perjalanan jauh sebaiknya sempatkan untuk berhenti dan beristirahat, setidaknya dua jam sekali.

Usahakan berhenti dan berisitirahat ketika melakukan riding jarak jauh
  1. Bell’s Palsy

Penyakit terakhir yang mengintai pemotor ini salah satunya bisa disebabkan oleh paparan angin langsung ke bagian wajah saat berkendara. Gejala yang timbul adalah perubahan sebelah atau sebagian wajah penderitanya terkena stroke ringan, untuk itu selalu gunakan helm yang menutupi seluruh bagian wajah atau bisa juga menggunakan masker atau balaclava.

Nah Sobat Zonbie, setelah mengetahui 8 resiko penyakit di atas, semoga Sobat Zonbie dapat lebih berhati-hati saat mengendarai motor. Lengkapi riding gear untuk menghindari 8 penyakit yang siap menyerang tersebut. Semoga bermanfaat! (Reza Agis)

Comments
Shares