Adet Vriono, Hobi Touring Dengan Motor Membawanya Jadi Pengusaha Apparel

Nama asilinya Adit Proyono, tapi dia lebih sering disapa Adet Vriono. Bukan tanpa alasan, nama Adet Vriono diambilnya dari kata Adventure lantaran kesukaannya melakukan adventure dengan sepeda motor.

Kesehariannya mulai akrab dengan dunia motor ketika ia bergabung dalam sebuah komunitas pecinta Honda Tiger, Honda Tiger Mailing List [HTML] di tahun 2002.

Dari situ, dia semakin dalam memasuki dunia komunitas motor dengan melibatkan diri sebagai anggota klub atau komunitas lain, diantaranya Bandung Thunder Club, Inazuma Owner Network dan Jakarta Max Owner.

Loading...


Dia mengakui kalau dirinya bukanlah bikers tulen, karena kecintaannya pada motor hanya sebatas touring dengan motor. Tapi setelah bergabung di beberapa komunitas, dia malah melihat sebuah peluang binis yang bisa dijadikan penghasilan tambahan.

“Tahun 2005 aku mulai berbisnis dengan menjual kaos untuk bikers. Awalnya hanya mencoba cari tambahan uang aja, tapi rupanya sambutan teman-teman bikers sangat bagus,” kenang Adet.

Adet Vriono 7Gear

Loading...


Caranya bekerja hanya menawarkan pembuatan kaos kepada calon konsumennya. Setelah kesepakatan bisnis terjadi, Adet pun mengorder lagi ke orang lain. Maklum, dia belum punya modal untuk membeli mesin konveksi dan alat sablon. Seiring berjalan waktu, persaingan bisnis kaos semakin berat. Dia pun mulai mengalihkan produk bisnisnya.

Ya, memulai usahanya dari pembuatan kaos untuk bikers, kini Adet memiliki sebuah brand apparel dengan beragam produk yakni 7Gear.

Produk apparel yang diproduksi 7Gear sebenarnya terinspirasi dari kegiatan touringnya. Setiap touring, ia selalu memberli apparel brand luar negeri yang harganya lumayan mahal. Pada akhirnya, apparel yang tersimpan di rumahnya mengusik pikirannya, “Kenapa barang ini bisa dijual mahal? Apa iya orang Indonesia tak bisa bikin produk serupa dengan harga yang jauh lebih terjangkau?”

Loading...


Dari situ muncul keinginan untuk membuat apparel yang akan dia jual kepada bikers Indonesia.

Nama 7Gear sendiri terinspirasi dari 7 perlengkapan utama riding saat dia mengikuti Safety Riding Course di Mako Brimob. Dan pada 2007, bisnisnya resmi merambah dunia apparel dengan lebel 7Gear.

Di tahun 2010, Adet resmi menanggalkan statusnya sebagai karyawan di sebuah perusahaan milik pemerintah dan focus mengembangkan bisnis apparel 7Gearnya.

Loading...


Produk 7Gear kini telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, Adet pun memasarkan produk 7Gear ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Produk 7Gear kini cukup beragam seperti sepatu riding, sarung tangan, jas hujan, panier, tank bag, side bag, hingga jaket riding.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here