Aerox 155 VVA dengan N-Max, Serupa Tapi Tak Sama

Yamaha Aerox 155 VVA dan N-Max meskipun punya cc dan spesifikasi yang hampir sama, keduanya mempunyai karakter yang berbeda, N-Max lebih cocok untuk performa touring sedangkan Aerox 155 VVA lebih menonjolkan speed atau show off.

Sebagaimana yang disampaikan Ridwan Arifin, Staff Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ketika disinggung perbedaan pada N-Max dan Aerox 155 VVA. Perbedaan secara spesifikasi teknis Yamaha N-Max dan Aerox 155, antara keduanya hampir serupa tetapi tak sama.

Loading...


Meskipun Yamaha Aerox 155 dan Yamaha Nmax 155 menggunakan basis mesin yang sama yakni 155 cc plus Variable Valve Actuation (VVA) namun keduanya mempunyai performa yang sedikit berbeda.

Kedua skutik tersebut mempunyai basis mesin yang sama dengan teknologi VVA yang sama dan ukuran bore dan stroke yang sama. Namun Yamaha Nmax 155 mempunyai performa yang lebih tinggi dengan power puncak 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm.

Sedangkan Yamaha Aerox 155 sedikit di bawahnya dengan power puncak 11,0 kW dan torsi 13,8 Nm. Selain itu, Yamaha Aerox 155 juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuatnya terdengar lebih halus ketika sedang menghidupkan mesin.

Loading...


Sementara itu dilihat dari segi dimensi, perbedaan posisi tinggi tempat duduk dimana Yamaha Aerox 155, 79 cm sedangkan Yamaha Nmax hanya 76,5 cm. Soal kapasitas bahan bakar Yamaha N-Max juga jauh lebih banyak dengan 6,6 liter sedangkan Yamaha Aerox 155 hanya 4,6 liter.

Untuk berat motor Yamaha Aerox 155 lebih ringan yakni 118 kg sedangkan Yamaha Nmax lebih berat dengan 127 kg. Sedangkan soal ukuran ban dan velg juga berbeda jauh dimana Yamaha Nmax masih menggunakan velg 13 inchi. Sedangkan Yamaha Aerox 155 menggunakan velg dengan diameter 14 inchi. Ukuran profil ban belakang pun lebih besar Yamaha Aerox 155 yang mencapai 140/70

Untuk bagian CVT, “Perbedaan antara Aerox dibanding NMax ini sesuai dengan karakter keduanya. Aerox yang lebih sporty dilengkapi mesin dan handling yang lebih agresif. Sedang NMax yang bergaya elegan, tentu mengutamakan kenyamanan. Ada perubahan di belt CVT untuk Aerox 155, kini lebih pendek dan lebih sempit,” papar Ridwan. (Reza Agis)

Loading...