Agar Fitur ISS Selalu Berfungsi Dengan Baik, Perhatikan Hal Ini!

ISS - Idling Stop System

ZONABIKERS.COm – ISS (Idling Stop System) merupakan salah satu fitur di motor matik Honda. Fitur ini membuat membuat mesin otomatis mati ketika berhenti minimal tiga detik namun mesin akan langsung hidup dan menjalankan sepeda motor saat tuas gas diputar.

Sub Department Head, Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sehingga menjadi lebih irit sekaligus menekan kadar emisi gas buang, terutama ketika sepeda motor tersebut digunakan di pada kondisi jalan yang macet atau lampu merah.

Untuk semua motor matik honda yang sudah dilengkapi fitur ISS biasanya dilengkapi dengan tombol ISS pada bagian stang sebelah kanan untuk mengaktifkan fitur ISS tersebut ataupun mematikannya.

Namun berbeda untuk sepeda motor premium Honda, fitur ini akan  otomatis aktif setiap kali kunci kontak diputar ke posisi “ON”.

Loading...


Baca Juga : Beli Suspensi After Market Teliti Sebelum Membeli Biar Nggak Rugi

Perlu diketahui, apabila mengalami atau menemui motor Honda dengan fitur ISS terjatuh maka lebih baik pastikan motor dalam keadaan kunci kontak “OFF” terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Berikut beberapa Hal yang wajib diperhatikan agar ISS tetap berfungsi dengan baik, diantaranya :

Loading...


ISS- Idling Stop System

1. Pastikan posisi saklar ISS dalam Kondisi Aktif atau posisi Idling Stop

Saklar ISS berada di sisi kanan stang kemudi. Untuk mengaktifkan fitur ISS cukup ubah posisi saklar ke “Idling Stop”, maka lampu indikator ISS akan menyala saat kunci kontak di putar ke posisi “ON” itu tandanya fitur ISS sudah aktif. 

Loading...


2. Hidupkan mesin menggunakan Electric Starter

Untuk mengaktifkan fitur ISS, saat menghidupkan motor wajib menggunakan electric starter. Hal ini sangat diperlukan untuk mendeteksi kondisi baterai saat digunakan ketika menghidupkan electric starter sepeda motor.

“Jika kondisi baterai tidak layak atau berada di bawah tegangan yang diperbolehkan, maka ECM (Engine Control Module) akan mematikan fitur ISS demi keamanan pengendara supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya batteray drop, hingga sepeda motor mati dijalan,” ujar Ade. 

Loading...


3. Pastikan Sepeda Motor Telah Mencapai Kecepatan 10 km/jam

Sebelum sepeda motor dijalankan dengan kecepatan melebihi 10 km/jam yang dapat dilihat dari bagian speedometer, maka ISS belum akan difungsikan oleh ECM.

Hal ini dimanfaatkan untuk memastikan kinerja semua sensor yang dibutuhkan dalam kondisi normal. Selain itu, pastikan kondisi temperatur Mesin Sudah Melebihi 60° C.

Loading...


Baca Juga : Cara Aman Ngecas HP di Motor

Baca Juga : Banyak Yang Tidak Paham Begini Cara Merawat Aki Motor Biar Lebih Awet

Baca Juga : Tips Berkendara Untuk Wanita Biar Riding Aman dan Menyenangkan

Loading...


4. Throttle Gas Tertutup Penuh

Pada kondisi ini sensor throtle position mendeteksi putaran gas untuk memastikan bahwa pengendara benar-benar dalam kondisi tidak menarik handle gasnya.

5. Sepeda Motor Berhenti minimal 3 Detik

Loading...


Sepeda motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis.

“Ketika tuas gas kembali diputar, mesin langsung hidup dan sepeda motor dapat langsung melaju dengan normal,” ungkap Ade. 

6. Putaran mesin standar disekitar 1700 rpm +/- 100

Loading...


Agar anda dapat memaksimalkan manfaat fitur ISS tersebut, jangan lupa lakukan pemeriksaan, perawatan rutin, dan selalu menggunakan HGP (Honda Genuine Parts) di bengkel resmi Honda atau AHASS agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here