Friday, January 22, 2021

Aki Kering atau Maintenance Free, Benarkah Bebas Perawatan?

Ada dua jenis aki motor yang beredar di pasaran yaitu; aki konvensional atau aki basah dan aki MF atau Maintenance Free yang biasa disebut aki kering.

Baterai atau aki adalah salah satu komponen terpenting di sepeda motor, khususnya motor-motor modern yang banyak mengandalkan sumber tenaga listrik. Diantaranya electric starter dan komponen pencahayaan.

Komponen berbentuk kotak ini berfungsi menyimpan tenaga listrik atau strum yang dihasilkan oleh spul dan magnet di mesin lalu mengalirkannya ke semua komponen yang membutuhkan tenaga listrik.

Saat ini ada dua jenis aki motor yang beredar di pasaran yaitu; aki konvensional (aki basah) dan aki MF atau Maintenance Free yang biasa disebut aki kering.

Disebut aki basah karena menggunakan cairan atau air aki yang merendam sel-selnya terlihat dari bagian luar. Biasanya, sel terbuat dari bahan timbal atau PbSb. Pemilik motor harus rutin mengecek ketinggian air agar muka air selalu ada di antra batas atas dan batas bawah.

Seiring perkembangan teknologi, produsen menemukan teknologi yang mampu membuat pengguna tak perlu mengecek air aki. Aki ini memiliki fisik dengan warna solid atau tak transparan seperti aki basah sehingga pengguna tak perlu melihat dan mengecek air aki. Karena itulah disebut sebagai aki MF atau aki kering.

Latest Update