Sunday, January 24, 2021

Aki Skutik Standar dan Versi Start Stop Ternyata Beda Sob, Jangan Salah Beli

Saat ini fitur Start Stop otomatis, seperti Idling Stop System (ISS) di Honda dan Stop & Start System (SSS) di Yamaha menjadi unggulan pada varian-varian skutik keduanya.

Fitur ini diaplikasi untuk menambah efisiensi bahan bakar dari motor-motor tersebut. Caranya dengan mematikan kerja mesin saat idling di waktu yang cukup lama. Misalnya saat macet di lampu merah.

Sedangkan untuk mengaktifkan mesinnya lagi, cukup dengan memutas selongsong gas saja. Mesin pun otomatis menyala.

Ternyata salah satu penunjang fitur tersebut adalah aki. Karena sistem starter otomatis tersebut mengandalkan arus yang lebih besar dari versi standar.

Sehingga untuk urusan aki kedua motor tersebut nggak bisa saling subtitusi nih Sobat Zonbie.

Karena versi standar hanya membutuhkan aki dengan kapasitas 3,5 Ampere Hour (Ah) dan versi SSS atau ISS harus menggunakan aki 5 Ah.

Lalu bagaimana kalau salah membeli aki? Kalau versi non ISS pakai aki ISS yang arus ampere lebih besar sih nggak masalah. Tapi kalau sebaliknya, maka konsekuensinya ada di usia pakai aki Sob.

Karena kerja ISS dan SSS yang kerap mengandalkan arus aki, maka dayanya terus tersedot untuk fitur tersebut. Dan kemampuan aki yang nggak sesuai dengan kebutuhan fitur, membuat aki bekerja lebih keras dan usia pakainya jadi singkat.

Latest Update