Aksesoris Footpeg Tambahan Yamaha Gear 125 Aman Gak Sih?

Aksesoris Footpeg Tambahan

Yamaha Indonesia, baru-baru ini meluncurkan Yamaha Gear 125. Yamaha juga menghadirkan aksesoris footpeg tambahan dibagian depan skuter matik anyar ini.

Aksesoris footpeg tambahan tersebut rupanya sangat menarik perhatian. Pasalnya, peletakan footpeg pada bagian depan tepatnya di bagian dek depan ini, agak keluar dan dinilai tidak aman.

Seperti yang disampaikan oleh Jusri Pulubuhu, Pemerhati keselamatan berkendara sekaligus Pendiri juga Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting yang menyampaikan penggunaan footpeg tersebut sangat tidak disarankan.

Loading...


Baca juga : Lady Biker Mendadak Viral, Dikritik Netizen Tetap Cuek

Menurut Jusri, sejatinya pengguna sepeda motor jenis skuter matik posisi kaki seharusnya menapak kuat di bagian dek motor.

“Sangat tidak disarankan, posisi kaki saat mengendarai motor jenis skuter matik seharusnya menapak kuat di bagian dek depan. Tidak diperkenankan, kaki berselonjor kedepan atau ditekuk kedalam seperti membawa motor sport,” tegas Jusri.

Loading...


Dikatakan oleh Jusri, membawa motor jenis skuter matik dengan posisi kaki yang tidak menapak kuat di dek motor, akan menyebabkan ergonomi posisi berkendara berkurang.

“Pengendara motor skuter matik yang menyelonjorkan kaki, kekuatannya akan bertumpu pada bagian punggung. Dimana seharusnya, kekuatan harusnya bertumpu dibagian kaki,” jelas Jusri.

Melihat posisi footpeg yang agak keluar dari badan motor, Jusri menegaskan hal ini cukup berbahaya. Footpeg yang agak keluar tersebut, rawan tersangkut kendaraan lain ataupun pembatas jalan saat motor dikendarai.

Loading...


“Posisi kaki saat menggunakan motor jenis skuter matik, seharusnya berada di bagian dalam dan kaki menapak kuat di bagian dalam dek,” imbuh Jusri.

Menanggapi hal tersebut, Yamaha Indonesia melalui Anton Widiantoro, Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyampaikan bahwa footpeg yang jadi aksesoris tambahan Yamaha Gear 125 didesain dengan tetap memperhatikan sisi keselamatan.

“Terkait aksesoris tambahan untuk Yamaha Gear 125 purposenya adalah optional aksesoris untuk pijakan kaki pada saat membawa barang di footboard. Sehingga, kaki tidak terasa lelah dan ada dudukan untuk kaki pengendara. Untuk safetynya sendiri, dirancang akan otomatis terlipat jika terjadi benturan dari arah depan atau pun jika kondisi terjatuh. Jadi bukan fix terbuka. Itu bisa dilipat ke dalam,” jelas Anton saat dihubungi zonabikers.com melalui pesan singkat.

Loading...


Ditambahkan oleh Anton, posisi terlebar dari motor adalah terletak pada bagian handlebar (stang) bukan pada bagian footspeg.

“Jadi handle bar masih lebih lebar jika dibandingkan footpeg. Secara data, lebar handle bar Yamaha Gear125 : 677.4 mm dan Lebar footpeg 576.6mm,” pungkasnya.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here