Aksi Donor Darah HAI Chapter Jakarta di Tengah Pandemi Covid-19

Aksi Donor Darah

Ditengah wabah pandemi Covid-19, Honda ADV Indonesia (HAI) Chapter Jakarta adakan kegiatan sosial. Dalam aksi sosialnya kali ini, HAI Chapter Jakarta gelar aksi donor darah.

Aksi Donor Darah

Ada yang berbeda dari aksi donor darah HAI Jakarta. Dengan mengusung tema ‘Satu Hari Menjadi Hero’, kegiatan sosial ini dikoordinasikan melalui divisi Social Safety and Rescue (SSR) milik HAI Jakarta. Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah tengah menerapkan social distancing. Dimana, pemerintah melarang masyarakat berkumpul pada satu tempat.

Loading...


Divisi SSR ini yang mengatur skenario dan pembagian PIC donor darah di masing-masing wilayah. Aksi sosial ini dilakukan di 4 titik wilayah Jakarta yaitu, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan RSPAD Gatot Subroto. Donor Darah ini juga dilakukan secara bertahap, mulai dari tanggal 10-15 April 2020.

Baca juga : Baderood Bogor Raya Bagikan Masker Gratis

Yang unik dari kegiatan ini adalah, bagi anggota baru yang belum memiliki Nomor Registrasi Anggota (NRA) dan melakukan donor darah dalam momen ini langsung mendapatkan NRA. Hal ini merupakan penghargaan khusus yang diberikan pengurus HAI Jakarta, Di mana biasanya untuk mendapatkan energi ini anggota baru wajib melakukan kopdar sebanyak 2 kali dan touring 1 kali.

Loading...


Kegiatan aksi donor darah tidak hanya berhenti disini, komunitas Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ini melalui Divisi S.S.R nya akan membuat kegiatan ini lebih serius dengan membuat group donor darah. Diharapkan ketika ada kebutuhan darah yang urgent dari masyarakat maupun member, HAI Chapter Jakarta sudah memiliki databasenya dan siap berkoordinasi dan mengakomodir kebutuhan darah.

Kegiatan yang dilakukan oleh HAI Jakarta ini, mendapatkan sambutan hangat dari Palang Merah Indonesia (PMI). Salah satu petugas dari PMI yaitu dr. Sari menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh HAI Jakarta, selain itu melalui momen ini dirinya juga mengajak masyarakat untuk tidak takut melakukan donor darah ditengah masa pandemi ini.

Loading...


“PMI sudah membuat dan memastikan proses pendonoran darah dapat berjalan aman dan nyaman, sesuai aturan dari kemenkes dan WHO. Adapun, stok kebutuhan harian kantung darah di DKI mencapai 800-1.000 kantung. Ketika masa pandemi stok menurun drastis, hanya di rentang 200 kantung perhari. Banyak kebutuhan harian dari pasien hemodialisa, thalasemia, dan belum lagi menjelang musim DBD, yang pastinya kebutuhan darah akan meningkat. Mari donasikan darah mu, setetes darah dari kalian adalah nyawa buat mereka,” pungkas dr. Sari.