Alex Marquez Gabung di Honda, Alberto Puig Bantah Ada Paksaan dari Marc Marquez

Alex Marquez
Photo : Alex Marquez

Tim Repsol Honda akan jadi sebuah tim yang unik dengan datangnya juara dunia Moto2 Alex Marquez untuk menggantikan posisi Jorge Lorenzo yang resmi pensiun usai balapan seri terakhir MotoGP 2019 di Valencia. Alex akan jadi rekan setim sekaligus rival pemegang 8 gelar juara dunia yang tak lain adalah kakak kandungnya sendiri, Marc Marquez.

Hadirnya Alex ke tim Repsol Honda memang sempat mencuatkan rumor bahwa hal itu terjadi karena permintaan Marc Marquez. Mengapa bukan Cal Crutchlow atau Zarco atau bahkan Nakagami yang menggantikan posisi Jorge? Nyaris berjuang sendirian di MotoGP untuk mempersembahkan gelar juara dunia, tim dan konstruktor yang diberikan Marc kepada tim Honda, membuat posisi tawar Marc semakin kuat.

Tapi manajer tim Alberto Puig menepis rumor tersebut. Keputusan jatuhnya pengganti Lorenzo ke Alex bukan semata karena dia adalah adik kandung Marc Marquez. Bahkan Puig menekankan, jika Alex bukan ‘Marquez’ sekalipun, ia akan tetap menjatuhkan pilihannya pada Alex karena dia layak jadi pilihan teratas.

“Proses pencarian pembalap pengganti berlangsung ketika kami mendengar rencana Lorenzo (untuk pensiun). Kami berpikir, berpikir dan akhirnya kami putuskan di jam-jam terakhir,” papar Puig.