Ali Adrian Jadi Pebalap Indonesia Pertama Peraih Poin WSSP 300

Dari tiga pebalap Indonesia yang turun di ajang World Supersport (WSSP) 300 2018, Ali Adrian sukses menjadi pebalap pertama yang sukses merebut poin.

Poin tersebut didapat Ali Adrian setelah finish di posisi 13 pada seri ke-2 WSSP 300 di Assen, Belanda. Ali Adrian yang bertarung dengan Yamaha R3 harus berjuang keras melawan pebalap KTM dan Kawasaki yang lebih unggul dalam hal mesin pacu.

“Kita harus ambil angin dari pebalap Kawasaki dan KTM,” ucap Ali Adrian tentang strategi yang ia jalani.

Meski Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) mengubah regulasi dengan merevisi batasan putaran mesin, tenaga yang dilontarkan Kawasaki dan KTM tetap saja buas dan selalu unggul di trek lurus.

“Kita harus mati-matian mengejar di tikungan, mengerem lebih akhir dan membuka gas lebih awal,” papar Ali Adriansyah.

Perlahan tapi pasti, anak muda yang sudah membalap sejak umur 12 tahun itu merangkak ke posisi depan. Pertarungan yang keras, ditambah trek yang begitu menguras tenaga, membuat beberapa pebalap kehilangan fokus. Salah satu diantaranya Koen Mueffels yang terjatuh di lap 11. Padahal saat itu ia tengah memimpin lomba.

Ali Adriansyah sendiri melakukan pertarungan hebat dengan Max Kappler, penunggang KTM RC390. Sejak lap 1 hingga akhir lomba di lap 12, mereka berdua terus berganti posisi. Tak jauh dari mereka berdua ada Marc Luna Bayen, yang mengendarai Kawasaki Ninja 400, terus membuntuti.

Persaingan antara Ali Adriansyah dengan Max Kappler benar-benar ketat. Saat menyentuh garis finish jarak keduanya hanya dipisahkan oleh 0,08 detik saja.

Comments
Shares