Apa Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda?

Apa Penyebab Serangan Jantung

Serangan jantung, biasanya dialami oleh orang yang berusia 50 tahun keatas. Namun belakangan muncul pertanyaan, apa penyebab serangan jantung di usia muda?

Sobat Zonbie perlu waspadai, serangan jantung usia muda bisa saja terjadi. Penyebabnya adalah kondisi kesehatan tertentu, gaya hidup, hingga riwayat keluarga.

Dikutip dari situs alodokter, dewasa ini, pasien serangan jantung dengan usia yang lebih muda semakin meningkat jumlahnya. Bahkan, seseorang yang masih berusia 20-an pun bisa terkena serangan jantung.

Apa penyebab serangan jantung di usia muda? Berikut adalah ulasannya :

Tekanan darah tinggi

Hipertensi bisa terjadi di usia muda karena pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan tinggi lemak. Jika tidak dikendalikan, hipertensi dapat menyebabkan jantung Sobat Zonbie bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan otot jantung ventrikel kiri Sobat Zonbie menebal dan meningkatkan risiko serangan jantung di usia muda.

Kolesterol tinggi

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan yang tinggi lemak jenuh dan garam di pasaran, ditambah dengan pola hidup yang kurang aktif bergerak, menjadikan kolesterol tinggi tidak jarang ditemui di kalangan muda dewasa ini.