Arif Reza Fahlepi : The Power of Communication Penting Dalam Hidup

Suara riuh pun langsung berkumandang dari para siswa Sekolah Menangah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah (YAPIDH) Jatiasih, Bekasi saat Arif Reza Fahlepi naik ke atas panggung guna menjadi pembicara tunggal dalam seminar Public Speaking yang digelar dalam rangka Pentas Seni (Pensi) Islamic Boarding School tersebut pada Jumat, (13/4).

Praktisi kehumasan yang kerap diundang sebagai pembicara ini tidak menyangka diterima dengan antusias yang tinggi oleh para siswa ihkwan dan ahkwat dari kelas 10 dan kelas 11. Interaksi pria yang juga menjabat sebagai Head of Corporate Communication FIFGROUP ini pun berjalan lancar. Berbagai pertanyaan dari para siswa dapat dipaparkan oleh ayah dari dua putri ini.

Dalam paparannya, Reza menyampaikan kepada para siswa bahwa penting sebuah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. “Komunikasi tidak hanya bicara, komunikasi yang baik juga harus mau mendengarkan lawan bicara dan memberikan solusi,” tegas lulusan Universitas Padjajaran Bandung ini.

Pemaparan Reza yang kerap diselingi canda tawa ini semakin menarik perhatian para siswa SMAIT YAPIDH. “Public speaking harus benar-benar kita perhatikan apa yang akan kita sampaikan. Jadi jangan sampai ada missed communication,” kata lelaki yang telah menyelesaikan S2-nya di London School of Public Relation (LSPR) Jakarta ini.

“Public Speaking adalah keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh setiap orang. Dalam menyampaikannya, perlu bersikap sopan disertai rasa hormat kepada semua orang. Jika perlu gunakan salam, penghargaan, dan pujian agar audiens semakin nyaman,” tambahnya.

Menurutnya, feedback dari audience juga sangat penting agar komunikasi jadi lebih hidup. ”Jangan lupa untuk berinteraksi. Dari feedback audiens, kita bisa mengukur level humor yang bisa diterima audiens. Dan menyisipkan humor dalam sebuah public speaking itu juga perlu untuk menghindari kebosanan,” katanya.

Menutup seminar Public Speaking-nya, Reza menyatakan kepada para siswa apa yang dimaksud dengan The Power of Communication. “Dengan The Power of Communication, membuktikan kemampuan kita untuk menyampaikan pesan atau keinginan, gagasan, perasaan atau buah pikiran kita sehingga dapat dimengerti oleh orang lain,” pungkasnya.

Comments
Shares