Arturo Magni 1925 – 2015, Sosok Di Balik Sukses MV Agusta Di Dunia Balap

Arturo Magni

Mengenang 5 tahun wafatnya sang chief mechanic dan manager departemen balap MV Agusta, Arturo Magni, perusahaan membangun motor balap bergaya retro yang diberi nama Italia 01/01.

Reputasi MV Agusta dalam membangun sepeda motor berhasil memposisikan dirinya sebagai sebuah brand mewah dengan harga yang nyaris tak terjangkau untuk sebagian orang.

Selain itu, MV Agusta pun pernah menapaki puncak kejayaan di dunia balap. Dari pertangahan tahun 50-an hingga 70-an, merek Italia itu mampu mendominasi kejuaran balap motor. Sosok Arturo Magni adalah orang di belakang kejayaan MV Agusta.

Loading...


Baca Juga :

Magni Italia 01/01 Penghormatan Untuk Mendiang Arturo Magni

1 Unit Jam Tangan MV Agusta Setara 30 Unit Yamaha Nmax ABS

Loading...


Mengenang 5 tahun wafatnya sang chief mechanic dan manager departemen balap MV Agusta, perusahaan Magni membangun motor balap bergaya retro yang diberi nama Italia 01/01.

Italia 01/01 menggendong mesin 3 silinder segaris yang dipadankan dengan tampilan bodi dan rangka bergaya vintage.

Arturo Magni - Italia 01/01

Loading...


Passion Arturo Magni Pada Desain Pesawat

Arturo Magni lahir di Usmate Velate (Milan) pada 24 September 1925. Passionnya sangat tinggi pada desain model pesawat dengan kreativitas teknis yang luar biasa.

Dia juga pernah membangun pesawat layang seukuran manusia yang dia terbang sendiri, dan memenangkan Kejuaraan Gliding Italia pada tahun 1938.

Usai menyelesaikan pendidikan, dia bekerja untuk beberapa waktu dengan ayahnya dan kemudian bergabung dengan industri penerbangan, bekerja untuk pabrikan Italia, Bestetti.

Loading...


Arturo Magni - Italia 01/01

Perjalanan hidup Arturo Magni di dunia roda dua dimulai pada tahun 1947 ketika ia bergabung dengan Gilera. Saat itu Gilera memutuskan untuk ambil bagian dalam kejuaran balap motor 500cc.

Saat itu Gilera memercayakan Pietro Remor untuk membangun mesin balap 4 silinder yang baru.

Loading...


Remor sebagai penanggung jawab dalam pengembangan mesin baru 4 silinder tersebut terkesan dengan bakat Magni dan mendesaknya untuk bergabung. Atas desakan Remor, Magni bergabung dengan departemen R&D untuk membantu membangun mesin baru.

Arturo Magni - Italia 01/01

Insinyur dan manajer balap legendaris ini pun terlibat dalam peracikan mesin baru 4 silinder yang dirancang oleh Pietro Remor. Sebuah mesin yang kemudian memberi Gilera 6 gelar juara dunia, dengan beberapa pembalap paling terkenal dalam sejarah sepeda motor.

Loading...


Pada tahun 1949 Count Domenico Agusta mempercayakan Remor untuk merancang mesin balap MV Agusta 4 silinder yang pertama. Arturo Magni bergabung dengannya pada tahun 1950 sebagai kepala mekanik.

Karirnya berlanjut untuk mengelola departemen balap. Ia bekerja bersama orang-orang hebat seperti Giacomo Agostini, Carlo Ubbiali, John Surtees, Mike Hailwood, Phil Read, Tarquinio Provini, Cecil Sandford, dan Gary Hocking.

Di bawah manajemen Magni, MV Reparto Corsa memenangkan setiap Kejuaraan Dunia GP500 dari tahun 1958 hingga 1974.

Loading...


Arturo Magni terus bekerja untuk MV Agusta hingga tahun 1976, ketika perusahaan tersebut memenangkan kejuaraan dunia terakhir mereka sebelum meninggalkan dunia balap.

Pada tahun 1977 Magni mendirikan firma Elaborazioni Preparazioni Magni dengan kedua putranya di Samarate, Italia Utara. Jaraknya hanya sekitar 20 mil dari pabrik MV Agusta.

Perusahaan baru yang dinahkodai Magni mulai membuat suku cadang khusus untuk MV Agusta 750 4 silinder. Motor berpenggerak poros, seperti konversi penggerak rantai, kit bore besar, dan kit rangka.

Loading...


Pada tahun 1980, produksi sepeda motor Magni dimulai. Awalnya menggunakan mesin CB900F Honda yang disebut sebagai MH1 dan MH2.

Kemudian berkembang hingga mencakup BMW R100 boxer twin (untuk MB1 dan MB2), V-twin Moto Guzzi, dan terakhir pada tahun 1999 dengan mesin 4 silinder Suzuki Bandit 1200.

“Saya pikir saya orang yang sangat beruntung,” kata Arturo Magni, berbicara pada tahun 2005.

Loading...


“Saya menghabiskan lebih dari seperempat abad bekerja pada sepeda motor balap paling eksklusif dan sukses di seluruh dunia. Dan kemudian saya mendapat kehormatan, terima kasih kepada putra-putra saya, untuk memulai karir baru sebagai pabrikan spesialis streetbike.”

Magni mengungkapkan bahwa pekerjaan yang dilakukan pada motor-motor vintage membuatnya tetap terhubung dengan masa lalu.

Di sisi lain, Magni juga memandang ke masa depan, dengan memasuki pekerjaan pada serangkaian motor model baru yang menggabungkan teknologi terkini dan komponen terbaru.

Loading...


“Banyak pelanggan menjadi teman baik, dan itu membuat saya merasa seperti di keluarga besar yang tumbuh setiap kali kami menyelesaikan sepeda motor.”

Produksi Magni 1200S selesai sekitar tahun 2001. Sementara Giovanni Magni masih bergulat dengan projeknya. Yang terbaru adalah mesin Triumph Rocket III. Ia juga masih memproduksi suku cadang khusus.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here