Asyiknya Menikmati Kopi Di Kedai Kopi Tradisional Vietnam

Sobat zonbie yang gemar ngopi, tentu saja sudah pernah minum kopi dengan berbagai macam cara seduhan, salah satunya seperti Vietnam drip misalnya, nah jika ada diantara kita berkesempatan pergi ke Vietnam tidak ada salahnya mencoba kopi dan melakukan ritual ngopi seperti layaknya orang lokal di Vietnam.

Kopi bagi orang-orang Vietnam disebut sebagai “Biji Surga”. Ada beberapa hal yang membedakan budaya minum kopi di Vietnam dengan di Tanah Air. Minum kopi di Vietnam sangatlah seru, walaupun sekarang ini sudah banyak cafe-cafe modern yang menggunakan mesin pembuat kopi modern seperti espresso dan alat-alat pembuat kopi lainnya, namun orang lokal di Vietnam sendiri masih tetap gemar menikmatinya di kedai-kedai kopi tradisional, seperti menu andalan Ca phe sua atau kopi dingin. Oleh karena itu jika sedang berada di Vietnam sebaiknya mencoba dan berbaur dengan orang lokal dan menikmati minum kopi sambil sedikit mempelajari budaya minum kopi.

Di Vietnam sendiri banyak tumbuh kopi arabika, namun masyarakat disana lebih banyak minum kopi robusta, dan hampir seluruh cafe yang ada di Vietnam menyuguhkan kopi robusta. kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibanding dengan arabika. Berbeda dengan kopi arabika walaupun mengkonsumsi berapa pun tidak apa-apa.

Asyiknya ngopi di kedai kopi tradisional di Vietnam harganya sangat murah, biasanya jika pesan kopi disana disuguhkan pula segelas teh tawar. Pelanggan harus rela duduk dibangku kecil yang mungkin tidak terbiasa bagi wisatawan. Ttapi lama-lama akan terbiasa, karena itu salah satu sensasi ngopi di kedai kopi tradisional ala Vietnam. Sambil menunggu setetes demi setetes biasanya mereka mengobrol atau mengerjakan aktifitas lainnya, ada yang mainan gadget atau kerjaan kantor. Walau kedai kopi kecil namun sudah banyak disediakan fasilitas Wifi.


Jika Sobat Zonbie ada di Vietnam, cobalah mampir ke Highland Kopi, highland kopi ini adalah Starbuck nya Vietnam yang banyak terdapat di kota Da Nang, Vietnam Tengah. Disana sama sekali tidak ada Starbuck cafe, sebagai gantinya hanyalah Highland Coffee yang banyak memiliki cabang dimana-mana. Walaupun di Higland Coffee sudah menggunakan mesin pembuat kopi modern, namun tetap menyediakan metode kopi tradisional, salah satunya adalah Vietnam drip atau kopi tetes. Selain kopi Ca phe sua, tidak ada salahnya mencoba Vietnam Egg coffee atau kopi susu telur yang rasanya sangat manis namun telurnya tidak terasa.

Comments
Shares