Atasi Bau Mulut Secara Instan

Bau tak sedap yang keluar dari mulut pastinya sangat mengganggu. Terlebih jika sedang berdekatan dengan teman dekat atau sang pacar…

Kalau Sobat Zonbie sengaja mau ketemu atau jemput pacar, tentunya sudah siap wangi luar dalam. Sabunan sudah 2 kali dan pakai parfum pun disemprot berkali-kali ke seluruh badan. Persoalannya, jika pertemuan itu sifatnya mendadak dan tidak ada dalam jadwal. Tiba-tiba dia minta dijemput, padahal Sobat Zonbie baru saja menyantap sate kambing berikut bawang merah mentah. Kebayang, apa jadinya jika ritual ketemuan itu selalu diawali dan diakhiri dengan ciuman?

Bau nafas tak sedap kronis disebut juga halitosis. Hal ini biasa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti gigi berlubang, mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang berbau khas seperti pete – jengkol – whisky, atau rokok. Bau tak sedap juga dapat muncul dari lambung yang kosong. Namun dalam studi menyebutkan bahwa 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah kesehatan gigi dan mulut.

Sobat Zonbie tak perlu khawatir. Masalah bau mulut ini bisa diatasi secara instan dan sangat mudah. Sebab kini, banyak produk pewangi mulut telah tersedia di kios-kios, super market atau apotik. Ada yang berupa permen, permen karet (chewing gum), spray (semprotan), cairan (liquid), tablet, hingga model  kertas kunyah (chewing papers).

Semua produk diatas memiliki kelebihan dan kekurangan. Kemampuan membikin wangi mulut secara instan dan mempertahankan keharuman juga berbeda. Mouth refreshner tipe permen, permen karet, kertas kunyah biasanya hanya bertahan 15 – 20 menit. Sedangkan yang berbentuk spray bisa bertahan sekitar 1 sampai 2 jam, sementara yang model cair/kumur mengklaim dapat bertahan hingga 8 jam.

Pilih yang easy to use dan easy to bring but not eye catching. Enaknya lagi, saat ini hampir semua produk mouth refreshner berukuran mini dan pocket size. Silakan masukkan dalam daftar. Sewaktu-waktu diperlukan, Sobat Zonbie tinggal kunyah permen itu atau cukup semprotkan pewangi mulut secukupnya,  sebelum Sobat Zonbie merapat pada pasangan.

Namun, jika Sobat Zonbie merasa sudah menjaga kesehatan mulut dan gigi tapi bau masih saja tidak hilang, bisa melakukan beberapa cara seperti sikat gigi sehari dua kali, bersihkan bagian lidah dan minum air putih setelah bangun tidur, ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali, berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi yang berlebihan. Sobat Zonbie juga harus memperhatikan apa yang dimakan. Setelah melakukan beberapa cara di atas namun bau mulut tidak juga hilang, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter dan dokter gigi. (trustscoot)

Comments