Wednesday, January 20, 2021

Awas Sob! Kemacetan Lalu Lintas Bisa Ganggu Kesehatan Loh!

Sobat Zonbie pasti sudah tidak asing dengan yang namanya kemacetan lalu lintas, kemacetan menjadi salah satu masalah yang sulit diatasi. Kemacetan membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama dan biaya untuk mengisi bahan bakar semakin membengkak. Selain itu, terus menerus terjebak macet bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan,

Ketika menggunakan kendaraan pribadi, ataupun naik transportasi umum, berada di tengah kemacetan bisa membuat mood memburuk dan kesehatan terganggu. Gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya polusi udara, duduk atau berdiam diri dalam waktu lama, dan stres.

Berikut Zonbie infokan beberapa gangguan kesehatan akibat dari seringnya berhadapan dengan kemacetan yang Zonbie kutip dari situs alodokter.com diantaranya adalah :

Bahaya Polusi di Tengah Kemacetan

Kemacetan akan memperburuk kualitas udara akibat asap dari kendaraan di jalanan. Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), tiap tahun diperkirakan ada sekitar 7 juta orang yang meninggal dunia karena polusi udara. Sekitar 91% kematian ini terjadi di negara-negara Pasifik dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Risiko gangguan kesehatan akibat polusi udara ini lebih besar pada orang yang tinggal di tepi jalan raya, pengemudi, ataupun penumpangnya. Menurut penelitian, orang yang sering terjebak macet berisiko terpapar polusi 29 kali lebih besar daripada mereka yang berkendara di jalanan yang lancar.

Latest Update