Ban Motor

Awas Sob! Pikir-pikir Lagi Sebelum Gunakan Ban Motor Bekas

Ban motor merupakan piranti kendaraan yang paling penting dan harus selalu diperhatikan kondisinya. Jika menggunakan ban yang bermasalah tentunya akan berbahaya dan menyebabkan potensi kecelakaan makin tinggi.

Terkait masalah ban motor, ada beberapa bikers yang menggunakan ban second alias ban bekas pakai. Ban kondisi bekas pakai ini bisa didapatkan dari para pengepul ban bekas, ban bekas yang dijual adalah ban bekas pakai latihan atau balapan di sirkuit atau ban copotan dari pengguna motor yang telah ganti ban dengan yang baru.

Ban Motor

Dari beberapa Sobat Zonbie yang telah diwawancarai terkait ban bekas ada beragam pendapat dari para bikers tersebut.

Bro Okto dari Helmet Brothers mengatakan lebih memilih ban dalam kondisi yang benar-benar baru dan tidak suka menggunakan ban kondisi bekas, hal ini tentunya beralasan dengan keamanan berkendara.

Lain halnya dengan Bro Avrie dari CBR Owner Tangerang, Ia mengaku pernah menggunakan ban kondisi bekas namun menghindari ban vulkanisir atau ban suntikan.

“Untuk menggunakan ban bekas saya memperhatikan kondisi bannya. Tahun pembuatannya, jika masih 1-2 tahun sebelum saya beli, saya rasa masih aman. Selain itu, perlu dicek ketebalan alur ban apakah ada bocor atau tidak.” ujar Bro Avrie.

Sementara itu, Agus Sani, Instruktur Safety Riding Wahana memaparkan penggunaan ban bekas dilihat dari pandangan safetynya, selama ban bekas tersebut masih layak untuk digunakan tentunya masih aman.

“Masih layak dalam pengertian, kembangan ban masih dalam kondisi bagus tidak habis (ban botak), itu bisa dicek pada logo segitiga yg terdapat di pinggiran ban.” urai Agus.

“Tetapi jika ban yang digunakan adalah ban rekondisi (vulkanisir) untuk sepeda motor tentu tidak aman, karena ada kemungkinan adanya tambalan pada ban tersebut yang bisa terlepas saat jalan.” imbuhnya.

Ban Motor

Hal yang berbeda justru dikemukakan oleh Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT Astra Otoparts ini berpendapat bahwasanya penggunaan ban bekas sangat tidak direkomendasikan. Hal ini terkait dengan kenyamanan dan keamanan pengendara motor sendiri.

“Ban merupakan penentu keselamatan berkendara yang utama, seperti jargon dari Pirelli sendiri ‘Power is Nothing Without Control’. Hal ini bisa diartikan sebagus apapun motor, jika bannya bermasalah it’s nothing.” tegas Rio Sanggau.

Lebih lanjut Rio Sanggau menjelaskan, “Menggunakan ban bekas, kita tidak tahu history dari ban itu seperti apa? Bekas digunakan apa? Apalagi jika ban tersebut bekas digunakan di sirkuit, tentunya banyak komponen ban yang sudah tidak sempurna. Lebih baik keluar uang lebih sedikit, namun bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan dengan membeli ban yang dalam kondisi baru.” imbuhnya.

Nah, dari artikel ini bisa disimpulkan, menentukan penggunaan ban sangat penting. Ban berperan penting bagi kenyamanan dan keselamatan Sobat Zonbie saat berkendara. Jangan sampai alih-alih ingin dapat harga murah malah membahayakan diri sendiri.

Comments