Uji Coba Tilang Elektronik

Awas! Uji Coba Tilang Elektronik Untuk Sepeda Motor Mulai Awal Februari 2020

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai 1 Februari akan berlakukan uji coba tilang elektronik atau E-TLE terhadap kendaraan sepeda motor. Uji coba ini rencananya berjalan kurang dari sepekan saja.

Dikutip dari situ NTMC Polri, ujicoba akan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 1 Februari 2020 nanti. Jika hasil uji coba dirasakan berfungsi dengan baik, Polri akan mulai memberlakukan tilang.

“Uji Coba Tilang Elektronik enggak lama. Paling 3 hari sampai seminggu, kalau oke langsung kami tilang,” ujar Kabid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Fahri Siregar.

Fahri menerangkan penerapan E-TLE terhadap kendaraan roda dua ini akan berlangsung di Jalan Sudirman – Thamrin dan koridor 6 Transjakarta, yaitu Ragunan – Dukuh Atas. Jenis kamera yang digunakan pun merupakan kamera E-TLE yang saat ini sudah beroperasi.

“Ada 57 (kamera E-TLE) di ruas Sudirman – Thamrin, kami tingkatkan untuk penindakan sepeda motor plus 2 kamera yang di jalur Transjakarta,” jelas Fahri.

Kamera tilang elektronik ini akan merekam sepeda motor berplat B saja yang melakukan pelanggaran seperti rambu lalu lintas, tidak memakai helm, hingga pelanggaran marka jalan.

Kamera E-TLE pertama kali dioperasikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya pada 1 November 2018 dengan menyasar kendaraan mobil. Hingga November 2019, E-TLE telah menangkap pelanggaran sebanyak 54.074 kali.

Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran denda tilang. Serta 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. Tilang elektronik atau disingkat E-TLE juga diklaim mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen. Semakin banyak kamera yang dipasang akan bisa mendorong pengguna jalan lebih tertib dalam berkendara.

Comments
Shares