Saturday, September 26, 2020

Awas! Uji Coba Tilang Elektronik Untuk Sepeda Motor Mulai Awal Februari 2020

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai 1 Februari akan berlakukan uji coba tilang elektronik atau E-TLE terhadap kendaraan sepeda motor. Uji coba ini rencananya berjalan kurang dari sepekan saja.

Dikutip dari situ NTMC Polri, ujicoba akan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 1 Februari 2020 nanti. Jika hasil uji coba dirasakan berfungsi dengan baik, Polri akan mulai memberlakukan tilang.

“Uji Coba Tilang Elektronik enggak lama. Paling 3 hari sampai seminggu, kalau oke langsung kami tilang,” ujar Kabid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Fahri Siregar.

Fahri menerangkan penerapan E-TLE terhadap kendaraan roda dua ini akan berlangsung di Jalan Sudirman – Thamrin dan koridor 6 Transjakarta, yaitu Ragunan – Dukuh Atas. Jenis kamera yang digunakan pun merupakan kamera E-TLE yang saat ini sudah beroperasi.

“Ada 57 (kamera E-TLE) di ruas Sudirman – Thamrin, kami tingkatkan untuk penindakan sepeda motor plus 2 kamera yang di jalur Transjakarta,” jelas Fahri.

Kamera tilang elektronik ini akan merekam sepeda motor berplat B saja yang melakukan pelanggaran seperti rambu lalu lintas, tidak memakai helm, hingga pelanggaran marka jalan.

Kamera E-TLE pertama kali dioperasikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya pada 1 November 2018 dengan menyasar kendaraan mobil. Hingga November 2019, E-TLE telah menangkap pelanggaran sebanyak 54.074 kali.

Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran denda tilang. Serta 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. Tilang elektronik atau disingkat E-TLE juga diklaim mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen. Semakin banyak kamera yang dipasang akan bisa mendorong pengguna jalan lebih tertib dalam berkendara.

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update

‘Gak Bisa Diem’ ALEXIS Keliling Kota Sambil Berbagi

Seakan 'Gak Bisa Diem', Arek Lexi Surabaya (ALEXIS) tak pernah berhenti melakukan berbagai kegiatan positif. Komunitas pengguna Yamaha Lexi di kota Pahlawan ini, memang memiliki...

Adira Virtual Expo 2020, Pameran Perdana Virtual 3D Multiproduk Adira Finance

Adira Finance dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-30 yang jatuh pada 13 November 2020, mengadakan Adira Virtual Expo 2020. Gelaran ini merupakan pameran pertama...

Perawatan dan Cara Deteksi Keausan Kampas Rem

Setiap kendaraan tentu dilengkapi dengan sistem pengereman yang ber fungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda. Untuk kendaraan yang diproduksi saat ini pada dasarnya ada...

SUGOI Chapter Medan Ajak Bikers Medan Kopdar Gabungan

Guna memperkuat silaturahmi dan persaudaraan antar bikers di Medan, SUGOI Chapter Medan inisiasi gelaran kopdar gabungan. Dengan diadakannya kopdar gabungan yang melibatkan bikers lintas komunitas...

Vivo Smartwatch, Jam Pintar Pertama Vivo Seharga Rp 2 Jutaan

Vivo perkenalkan smartwacth pertama mereka, Vivo Wacth. Vivo Smartwatch ini hadir dalam dua ukuran, 42mm dan 46mm yang bisa terhubung dengan perangkat iOS maupun...