Motor Listrik

Bajaj Auto dan KTM Kembangkan Motor Listrik High-End

Bajaj Auto dan KTM, dikabarakan sedang mengembangkan motor listrik di India. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh Rakesh Sharma, Direktur Eksekutif Bajaj Auto.

Motor Listrik

Mengutip berita MoneyControl, Sharma mengatakan bahwa merek India terbuka untuk spektrum penuh, dan bekerja dengan mitra strategisnya. Meski demikian, Sharma tidak mengungkapkan detail yang lebih baik apa jenis motor listrik yang akan dihadirkan.

“Pada tahap ini, saya dapat mengatakan bahwa kita memasuki era baru kendaraan roda dua. Kami tidak siap untuk mengatakan apakah itu dari jenis skuter atau sepeda motor, tetapi kami terbuka untuk spektrum penuh dan kami bekerja sangat erat dengan mitra strategis kami KTM, untuk melihat solusi listrik untuk sepeda motor kelas atas juga.” Tegas Sharma.

Laporan lain dari Juni tahun ini menyatakan bahwa, Bajaj Auto dan KTM akan mengembangkan platform roda dua listrik 48 volt yang umum. Platform baru ini, akan mendukung produk dengan output daya di kisaran 3 hingga 10 kW. Kendaraan yang berbasis pada platform umum akan diproduksi di India, dan produksinya dilaporkan akan dimulai pada 2022.

Motor Listrik

Sementara itu, Bajaj Auto sedang mengerjakan skuter listriknya yang akan segera hadir dengan merek Urbanite. Skuter ini telah tampil beberapa kali di berbagai kesempatan dan dilaporkan akan diluncurkan menjelang akhir 2019.

Berbagai gambar spyshoot, telah mengungkapkan fasia depan dan belakang skuter listrik yang akan datang. Sebuah skuter bergaya retro, yang menampilkan lampu berbentuk pentagon dengan garis-garis melengkung. Desainnya, memberikan keseimbangan sempurna antara gaya retro dan gaya modern. Terletak di dekat stang, headlamp kemungkinan besar akan menjadi unit LED. Skuter listrik ini juga akan mendapatkan switchgear backlit – fitur yang telah kita lihat pada sepeda motor Bajaj dan KTM.

Bagian belakang akan mengemas lampu ekor LED bergaya split. Desain pillion grab rail mendapatkan bagian tengah yang lebih tebal. Isyarat styling lainnya termasuk bentuk bulat untuk konsol instrumen dan bentuk segitiga kaca spion untuk lebih meningkatkan gaya retro.

Pemerintah India berencana untuk mencapai elektrifikasi massal kendaraan roda dua (di bawah 150 cc) pada tahun 2025. Saat ini, belum ada pabrikan roda dua listrik dalam portofolio India.

Comments
Shares