Balap Motor Listrik, MotoE Resmi Dikenalkan

Setelah menjadi perbincangan setahun terakhir, balapan motor listrik MotoE akhirnya resmi dikenalkan oleh Dorna Sports pada Selasa (6/2) di Roma, Italia.

“Dorna bersama dengan FIM sangat senang bisa bergerak maju ke era kendaraan listrik, sebuah pilihan yang kami anggap sebagai jalan paralel untuk masa depan,” ucap CEO Dorna Carmelo Ezpeleta disela peluncuran seperti dikutip Motorsport.com.

Rencananya, balapan motor listrik yang bertajuk FIM Enel MotoE World Cup akan dimulai tahun depan. Akan ada 18 motor dari 11 tim yang akan bertanding di kelas ini.

Diantaranya 7 tim satelit di MotoGP, yakni Tech 3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto (Aspar) dan Gresini yang akan menyumbang masing-masing dua motor. Sedangkan empat motor lainnya diwakili oleh tim-tim Moto2 dan Moto3.

Nantinya, konsep MotoE akan mirip dengan Moto2 di mana hanya didukung dengan pemasok motor tunggal dari Energica. Motor ini sudah diuji oleh mantan pebalap MotoGP, Loris Capirossi.

Untuk tahap awal, kelas ini akan melombakan sekitar lima seri yang berlangsung di seri MotoGP Eropa, dimulai dari Jerez, Spanyol.

Comments
Shares