Bambang Soesatyo Jabat Ketua Umum IMI 2021 – 2024

Bambang Soesatyo

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024.

Baca Juga :

Bro Bamsoet : Sudah Saatnya Ada Ruas Jalan Khusus Motor di Jalan Tol

Loading...


Bro Bamsoet : Jadikan Kumpul dan Touring Sebagai Ajang Silaturahmi

Wisnu Gareng : HOG Bukan OMG

Terpilihnya Bambang Soesatyo berdasarkan hasil Musyawarah Nasional IMI IX Tahun 2020, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 20 Desember 2020.

Loading...


Berlandaskan semangat gotong royong berupa Standing and Growing Together bersama segenap keluarga besar IMI dari pusat hingga daerah dan berbagai tokoh otomotif nasional, dirinya bertekad menjadikan IMI semakin solid, mandiri, berdaya guna, dan berkelanjutan. Sehingga IMI bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Tercatat sekitar 7.398 club otomotif yang merepresentasikan sekitar 110.000 road users di 34 provinsi tergabung dalam keluarga besar IMI,” buka Bambang Soesatyo.

“Dalam tataran organisasi, IMI memiliki 5.210 sport clubs, 838 mobility clubs, dan 1.350 sport and mobility clubs”.

Loading...


“Karenanya IMI harus menyongsong era digitalisasi, baik dalam pengembangan klub maupun keanggotaan,” tegas Bambang Soesatyo usai ditetapkan sebagai Ketua Umum IMI 2021-2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para pengurus IMI 2016-2020 antara lain Ketua Umum Sadikin Aksa, Sekretaris Jenderal Jeffrey JP, serta para Ketua IMI dari berbagai provinsi.

Hadir secara virtual antara lain Ketua Umum KONI Pusat Letjen (purn) Marciano Norman, dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto.

Loading...


Hadir pula Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Anggota Komisi X DPR RI Robert Kardinal, dan Ketua Umum IMI 2011-2015 yang kini menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna.

Ketua DPR RI ke-20 ini menekankan pentingnya menjadikan olahraga otomotif sebagai industri dan hiburan yang mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial.

Setiap tahun, setidaknya IMI harus mampu menyelenggarakan 680 kegiatan club events, 510 kegiatan IMI province events, 189 kegiatan national championship, dan 32 kegiatan national series.

Loading...


Bambang Soesatyo Ingin Semangat Brotherhood Diterapkan di Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) yang juga mantan Ketua DPR-RI ini menginginkan persaudaraan antar sesama pengendara motor juga harus dibangun dengan dasar kesetaraan, tanpa memandang perbedaan dalam status sosial.

Bambang Soesatyo

 

“Merupakan kewajiban kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Semangat brotherhood antar bikers tidak hanya kita tunjukan saat di jalan. Tetapi juga harus kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesan Bambang Soesatyo saat masih menjabat Ketua DPR RI kala itu.

Loading...


Selain itu, Bambang Soesatyo juga berharap kalau semangat brotherhood juga bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Lelaki yang sudah jatuh cinta pada motor bermesin besar itu mengajak seluruh bikers MBI pada khususnya dan seluruh bikers di Indonesia pada umumnya agar tetap menjaga kesopanan serta ketertiban berkendara dan berlalulintas.

Image pengendara motor besar yang dinilai kerap ugal-ugalan dan arogan di jalan, harus dihapuskan.

Loading...


“Kita wajib memberikan contoh kepada pengendara motor lain untuk tertib berlalulintas di jalan,” tegasnya.

Ia mengakui bahwa mengubah pandangan masyarakat umum tentang pengendara motor besar tak mudah. Karena itu kerja sama dari seluruh komunitas serta pengguna motor besar mutlak diperlukan.

“MBI harus merangkul komunitas motor besar lain untuk bersama mengkampanyekan safety riding,” ujar ketua Dewan Penasihat Motor Besar Indonesia ini.

Loading...


“Selain itu, perlu juga dibuat kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Ini akan memberikan nilai positif bagi para pengendara motor besar,” katanya.

Harley-Davidson Trike Tunggangan Bambang Soesatyo

Pria yang akrab disapa Bro Bamsoet ini memang sudah jatuh cinta dengan motor bermesin besar sejak lama. Salah satu tunggangan miliknya adalah Harley-Davidson Tri Glide Ultra alias H-D Trikes.

Bambang Soesatyo

Loading...


Bambang Soesatyo sudah menyukai sepeda motor sejak masih duduk di bangku sekolah SMA.

Ketua MPR-RI ini bercerita bahwa sepeda motor besar yang pertama dimilikinya adalah H-D Road King. Menurutnya sepeda motor H-D dengan tampilan yang klasik ini mempunyai aura tersendiri dan suara dari raungan mesinnya sangat menarik.

“Saya menyukai sepeda motor sejak masih SMA, motor besar pertama yang saya miliki dulu adalah H-D Road King,” aku Bambang Soesatyo.

Loading...


“Saya menyukai motor besar dengan tipe klasik karena modelnya tidak habis dimakan jaman dan suara mesinnya yang paling saya suka,” ucapnya.

Bambang Soesatyo

Kembali pada tampilan keren Harley-Davidson 3 roda yang digunakannya, Bro Bamsoet tidak berkenan menceritakan lebih jauh tentang motor tersebut.

Loading...


Pada Harley-Davidson Tri Glide Ultra yang digunakan Bambang Soesatyo, memang tidak terlalu terlihat motor ini lansiran tahun berapa. Namun jika dilirik dari tahun produksi di 2018, Harley-Davidson Tri Glide Ultra ini memiliki harga USD 35.349 atau setara Rp 510.000.000.

Tentunya jika sudah masuk Indonesia, motor besar tersebut harganya bisa melonjak dua kali lipat karena regulasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), yang besarannya sekitar 125 persen dari harga moge di negara pembuat, ditambah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

Harley-Davidson Tri Glide Ultra dibekali mesin 1,746cc Twin-Cooled™ Milwaukee-Eight® 107, dengan sistem pengabutan bahan bakar Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI).

Loading...


Untuk menggerakkan bodi motor besar berat itu, diperlukan torsi sebesar 154,5 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm.

Motor besar mewah ini juga dilengkapi sejumlah peranti entertainment seperti hands free mobile phone, speakers, system infotainment Boom! Boox 6.5 GT dan masih banyak lainnya.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here