Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.
Monday, November 30, 2020

Ban Motor Cepat Gundul? Kenali Dulu 4 Penyebabnya

Banyak Sobat Zonbie yang mengeluhkan ban motor yang cepat gundul, tapak ban cepat habis bukan semata kesalahan produsen ban itu sendiri ya Sob.

Ban motor cepat gundul terjadi bisa karena kesalahan dari pengguna sepeda motor tersebut, bisa juga karena semakin menipisnya komponen yang dimiliki oleh ban.

Terdapat 4 faktor yang menyebabkan ban motor cepat gundul atau menipis. Dari ke empat faktor penyebab tersebut, sebagian besar karena kebiasaan cara berkendara. Sering sekali dilakukan dalam kebiasaan sehari-hari karena dianggap hal yang sepele.

Apa saja faktor-faktor tersebut berikut Zonbie ulas satu persatu ya Sob.

Baca juga : Abis Ganti Ban Baru, Jangan Langsung Gas Puoll Sob!

1. Tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban menjadi hal yang paling berpengaruh membuat ban cepat menipis. Karena jika tekanan angin pada ban kurang maka permukaan ban yang bersinggungan dengan jalan menjadi lebih banyak. Hal tersebut jika dibiarkan akan memuat ban cepat menipis.

2. Jarak tempuh

Jarak tempuh juga menyebabkan ban cepat menipis atau gundul. Tetapi, yang harus diperhatikan adalah umur ban yang digunakan untuk menempuh jarak yang jauh. Untuk jarak tempuh di atas 40 km per hari, umur ban hanya mencapai 1 tahun dan terkadang Sobat Zonbie tidak menyadari.

3. Kondisi jalan

Kondisi jalan sangat berpengaruh dengan kondisi ban akan cepat gundul atau tidak. Sering melewati jalanan yang rusak tentu bisa menyebabkan ban cepat botak. Tidak hanya membuat ban menjadi cepat gundul, jalan rusak sering kali membuat ban cepat benjol. Apalagi ketika dipakai melintas jalanan yang rusak dengan kecepatan tinggi.

4. Gaya berkendara

Gaya berkendara menjadi salah satu penyebab ban cepat gundul juga lho. Jika anda memiliki gaya berkendara yang sering speeding dan rem mendadak, dipastikan umur ban menjadi cepat habis alias gundul.

Itu adalah 4 faktor yang membuat ban menjadi cepat gundul dan sering kali kita lakukan tanpa sadar. Oleh karena itu, hindari 4 hal tersebut agar ban motor lebih awet.

Latest Update

Kymco CV3 Resmi Diluncurkan, Siap Diajak Touring Nih!

Pabrikan motor asal Taiwan, Kymco, meluncurkan beberapa model terbarunya. Salah satunya adalah Kymco CV3. Kita umumnya telah mengenal beberapa skuter matik yang menggunakan roda yang...

Abang Ojol Ini Pakai Handphone Merk Oukitel? Apa Bagusnya?

Enggak salah deh si abang Ojek Online ini, dia pakai smartphone merk Oukitel. Sobat Zonbie ada yang kenal dengan handphone merk Oukitel? Bagi pengemudi ojek...

IMI Resmi Luncurkan Buku dan Video Panduan Berkendara Sepeda Motor Berkelompok

Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara resmi telah meluncurkan buku dan video Panduan Berkendara Sepeda Motor Secara Berkelompok. Peluncuran secara resmi turut dilakukan oleh Ketua MPR...

Pertamina Mandalika SAG Team Siap Berlaga di Moto2 Musim Depan

Mandalika Racing Team Indonesia melalui akun sosial media Instagram nya memberikan kabar gembira. Dikabarkan MRTI akan bergabung dengan SAG Racing Team dan akan merubah...

Fungsi Pendingin Cairan Mesin Motor dan Waktu Penggantian

Pendingin cairan umumnya diaplikasikan pada motor dengan mesin berperforma tinggi. Selain itu, cairan pendingin atau warter coolant biasanya diaplikasikan pada motor berkompresi tinggi. Mesin berkompresi...