Bang Wu : Merawat Pinlock Itu Mudah, Asal Tahu Caranya

Penggunaan lensa penghalau embun alias Pinlock kini makin banyak digemari oleh para bikers, meskipun tergolong sebagai teknologi helm yang masih baru dan canggih, pinlock tidak membutuhkan cara perawatan yang terlalu sulit.  Merawat Pinlock itu mudah, asal tahu caranya.

Meski mudah, masih banyak salah kaprah tentang cara merawat Pinlock seperti yang diutarakan oleh Aditya Wahyu Utama atau yang biasa disapa Bang Wu. “Masih banyak teman-teman menggunakan Pinlock pada visor helm hanya untuk sekedar melengkapi helm saja tanpa mengetahui fungsi dan perawatannya,” jelasnya.

Merawat Pinlock itu mudah, asal tahu caranya

Buat pengguna pinlock cukup membersihkan lensa tanpa melapas pinlock dari visor setelah menggunakan helm berpinlock menembus cuaca hujan dan berkabut. Disarankan menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan pinlock. Tidak dianjurkan menggunakan tisu. Sebab dapat mengakibatkan goresan halus di permukaan lensa. Agar bisa dibersihkan, visor dengan pinlock harus dilepas terlebih dulu dari helm. Setelah itu taruh visor berpinlock tersebut di atas kain halus (mikrofiber).

Menurut penuturan Bang Wu disela kegiatan Sunmori Gabungan Komunitas pecinta helm, saat membersihkan pinlock sebaiknya tidak menggunakan air sabun. Cukup menggunakan air biasa bisa dingin maupun hangat “Pinlock sebaiknya juga jangan dicuci. Sebab hal itu bisa mengakibatkan hilangnya daya rekat ke visor. Kalau daya rekatnya sudah berkurang, debu jadi mudah masuk. Akibatnya visor dan lensa jadi mudah lecet,” pungkas pemilik 1DS Racing Gear Treatment tersebut.

Merawat Pinlock itu mudah, asal tahu caranya

Pinlock dibersihkan minimal satu kali seminggu. Jika dirawat dengan benar, lensa penghalau embun ini bisa digunakan sampai empat tahun lamanya. Saat membersihkan pinlock, jangan lupa memeriksa kondisi pinnya. Pastikan masih dalam kondisi yang baik.

Setelah bersih, biarkan pinlock dan visor benar-benar kering. Langkah berikutnya, pasang kembali visor. Pastikan semua sisi pinlock merekat erat pada visor. Sudut pinlock yang tidak merekat ke bagian visor bisa mengakibatkan debu menerobos masuk.

Comments
Shares