Banyak Pekerja Kena PHK Akibat Pandemi, Biker Ini Justru Buka Lapangan Pekerjaan

Pekerja Kena PHK - KurirEkspress

Di saat banyak pekerja kena PHK akibat pandemi Covid-19, bikers ini justru bisa membuka peluang lapangan pekerjaan dan pendapatan baru bagi orang lain.

Kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat Indonesia sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April lalu tak membuat biker sekaligus blogger ini menyerah pada keadaan.

Dari pada mengeluh dan melontarkan umpatan di media sosial, ia justru berpikir bagaimana bisa bertahan menjalani masa-masa sulit tersebut. Menariknya, pemikiran yang awalnya untuk pertahanan ekonomi pribadi, sekarang malah bisa memberi peluang lapangan pekerjaan dan pendapatan baru bagi orang lain dan pekerja yang kena PHK akibat pandemi.

Loading...


KurirEspress

Adalah Endrik Yahmawan, pemilik blog elangjalanan.net ini memulai usaha KurirEkspress setelah kondisi keuangannya terdampak oleh pandemi. Penerapan PSBB membuatnya berpikir bagaimana hobi pada dunia otomotif roda dua bisa menghasilkan uang.

“Berawal dari postingan temen di facebook yang posting jastip, jasa kirim barang sekitar pertengahan Mei lalu. Saya terpicu untuk membuat layanan jasa yang sama. Sebelumnya di tahun 2011 kebetulan saya pernah nyambi buka jasa kurir di luar jam shift kantor,” papar Endrik.

Loading...


Dari situ, pada awal Juni 2020 Endrik memutuskan membuka jasa instan kurir untuk pengiriman cepat 2-3 jam sampai se-Jabodetabek. “Kalau dulu efektif promosi gelar lapak di situs FJB Kaskus, karena zaman sudah bergeser saya pun langsung bikin akun instagram khusus @kurirekspress_ ternyata promosi dan berinteraksi di instagram untuk menawarkan jasa jauh lebih efektif,” papar Endrik menjelaskan langkah promosi yang dilakukan.

KurirEspress

Area tempat tinggalnya di Cikeas yang diapit banyak cluster perumahan elit membuat usahanya berjalan dengan baik. Para penguhuni rumah mewah di area Kota Wisata, Legenda Wisata, Citra Gran dan Raffles Hills ternyata banyak yang terjun ke usaha kuliner rumahan.

Loading...


“Nah, kondisi ini cocok banget dengan jasa kurir yang saya tawarkan. Alhamdulillah gak butuh waktu lama, selang beberapa hari orderan pertama pun langsung masuk ke inbox. Orderan pertama langsung kirim makanan. Bahkan sampai sekarang 95% pesanan yang masuk mayoritas pengiriman makanan semua,” terangnya.

Baca Juga : Bro Mohamad Feriadi “Biker and Fisherman” Yang Suka Berbagi

Endrik mebuat sistem perhitungan pembayaran jasanya mirip-mirip dengan Gosend atau GrabExpress. Namun ia membuat perbedaan selling point yang cukup menarik yaitu bisa mengirim ke banyak alamat sekaligus dalam sekali antaran. “Nah.. Ini salah satu kelebihannya jasa KurirEkspress,” tegasnya.

Loading...


Endrik mentapkan tarif jasa antarnya sedikit di bawah aplikator yang sudah lama eksis. Biaya yang ia tetapkan Rp 1500 – Rp 2000 per kilometer. Ia juga menawarkan tarif flat jika customer ada yang mengirim ke 3 – 4 alamat dalam sekali jalan.

KurirEkspress

Berjalan waktu, jasa KurirEkspress mulai dilirik oleh teman-teman bikers sebagai sebuah peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi. Usaha yang awalnya dilakukan sendiri, kini melibatkan beberapa bikers yang menjalankankannya di wilayah berbeda.

Loading...


“Awal-awal driver di KurirEkspress saya sendiri. Namun selang sebulan berjalan banyak temen-temen riders yang tertarik untuk gabung. Saat ini ada Bro Yudi, ia seorang  instruktur di Rifat Drive Lab. Kebetulan dia berdomisili di Bogor, maka saya jadikan dia buat pegang cabang Bogor kota.”

“Alhamdulillah makin ke sini orderan di Bogor kota cukup ramai dan sejauh ini Bro Yudi bisa handle sendiri.”

Pekerja Kena PHK - KurirEkspress

Loading...


Kemudian berkembang ke wilayah Jakarta yang digarap oleh Bro Amax dari Honda BeAT Club Indonesia. “Kebetulan dia posisinya strategis di Cipete. Saya posisikan dia buat handle orderan Jakarta Barat dan Tangerang. Ada satu lagi Bro Rizky dari Honda CBR Club Bekasi. Dia yang handle KurirEkspress seputaran kota Bekasi.”

Sistem yang dijalankan adalah bagi hasil dengan drivers backup tersebut.

Saat ini Endrik sedang berusaha mengembangkan bisnis jasa antar tersebut lantaran banyaknya orderan dan banyaknya permintaan bikers untuk bergabung menjadi driver KurirEkspress.

Loading...


Seiring pemintaan yang terus bertambah, Endrik pun berencana menyajikan aplikasi KurirEkspress di Playstore. Ia berharap, dengan adanya aplikasi tersebut KurirEkspress bisa menjadi peluang pendapatan baru bagi banyak orang dan memperluas jangkauan layanannya.

Mantap Bro Endrik. Semoga KurirEkspress semakin sukses. Bravo…!!!

Loading...