Banyuwangi, The Sunrise of Java

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang sedang naik daun akhir akhir ini. Kabupaten berjuluk “ The Sunrise of Java” ini terletak di ujung timur pulau Jawa. Banyuwangi juga merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali yang hanya memiliki luas 5.636,66 km2.

Wilayah kabupaten Banyuwangi cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Dekat perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung dan Gunung Merapi. Di balik Gunung Merapi terdapat Gunung Ijen yang terkenal dengan kawahnya. Gunung Raung dan Gunung Ijen adalah gunung api aktif.

Foto: Banyuwangibagus

Dengan ditetapkannya Gunung Ijen sebagai cagar biosfir oleh Unesco pada Maret 2016, pesona Kawah Ijen kian mendunia dan mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara. Wisata Banyuwangi Kawah Ijen merupakan wisata andalan Kabupaten Banyuwangi yang berada pada ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Keindahan Kawah Ijen menyimpan segudang pesona keindahan alam Indonesia. Selain itu, kawah ini juga termashur karena fenomena blue fire atau api biru yang muncul pada malam hari, tepatnya dini hari sekitar pukul dua sampai empat pagi.

Bagian selatan terdapat perkebunan, peninggalan sejak zaman Hindia Belanda. Di perbatasan dengan Kabupaten Jember bagian selatan, merupakan kawasan konservasi yang kini dilindungi dalam sebuah cagar alam, yakni Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Sukamade merupakan kawasan pengembangan penyu. Banyuwangi juga memeliki Pantai timur (Selat Bali) yang merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur.

Foto: Banyuwangibagus

Di Semenanjung Blambangan juga terdapat cagar alam, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Jadi, Anda tidak perlu ke Afrika untuk dapat menikmati keindahan savana, cukup berkunjung ke Alas Purwo – Banyuwangi. Di tengah Alas Purwo terbentang Savana Sadengan, yang dijuluki Afrika Jawa Timur. Alas Purwo, memiliki luas sebesar 434 km merupakan salah satu taman nasional terbesar di indonesia yang menampung ribuan flora dan fauna di pulau Jawa.

Adapula Pulau Merah, demikian biasa orang menyebut pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Pulau Merah di selatan Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Bagi Anda yang suka menikmati keindahan terbenamnya matahari, Pulau Merah menjadi destinasi yang tepat untuk menikmati suasana senja yang sangat menawan.

Comments
Shares