Thursday, January 21, 2021

Bayar Pengurusan Surat Izin Mengemudi Sekarang Bisa Non Tunai

Dalam rangka mempermudah pembuatan maupun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) BRI dan GoPay telah bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Kerjasama tersebut memudahkan masyarakat yang hendak mengurus SIM dengan melakukan pembayaran secara non-tunai lewat QR Code Link Aja dan GoPay.

Surat Izin Mengemudi

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol M Yusuf mengatakan kerjasama tersebut merupakan bagian dari peningkatan layanan publik. Selain itu dengan adanya pembayaran non-tunai diharapkan dapat menambah kepercayaan publik.

“Kali ini kami menggandeng BRI – Link Aja dan GoPay menghadirkan inovasi pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM. Kami berharap inovasi ini akan membantu kami menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik,” ucap Yusuf dalam keterangan tertulis, Senin (26/8).

Penggunaan pembayaran non-tunai ini cukup mudah, masyarakat cukup menggunakan aplikasi Link Aja atau GoPay. Dalam aplikasi tersebut terdapat menu “Bayar” untuk scan kode QR yang tesedia pada loket pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM. Lalu masukkan jumlah yang ingin dibayar, kemudian konfirmasi pembayaran.

Tentunya dengan hadirnya kemudahan dalam mengurus SIM ini menjadi inovasi pada layanan Polri. Rencananya Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengembangkan pembayaran non-tunai ini pada layanan perpanjangan SIM di Gerai SIM, SIM keliling, dan empat kantor Satpas layanan perpanjangan SIM lain.

Latest Update