Beberapa Penyakit Yang Harus Diwaspadai Pasca Lebaran

Saat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H yang minggu lalu dirayakan oleh umat muslim di dunia dan khususnya di Indonesia, tentunya juga diramaikan dengan tradisi pulang kampung atau mudik serta hidangan makanan khas Lebaran yang tentunya sangat menggoda selera untuk menyantapnya.

Makanan khas yang dihidangkan setahun sekali, seperti Ketupat, Opor, Rendang Daging, Kacang Bawang, dan aneka kue kering serta ditambah lagi dengan minuman bersoda. Semua makanan tersebut tak hanya ada di rumah sendiri, pada saat kita bersilaturahmi ke rumah tetangga maupun saudara, kita pun akan dihidangkan makanan dan minuman tersebut.

Beberapa hidangan khas lebaran seperti opor atau gulai biasanya menggunakan daging ayam atau sapi dengan tambahan santan kelapa. Dari satu hidangan ini saja, jika kita makan secara berlebihan, maka berbagai penyakit akan siap mengintai. Belum lagi makanan khas lebaran lainnya seperti Sambal Goreng Kentang dan Ati, kacang bawang, kue kering seperti nastar, kue keju dan lainnya adalah sumber berbagai penyakit.

Berbagai macam penyakit akan siap menyerang jika kita tidak mengatur pola hidup dan pola makan di saat hari raya. Karena, perut yang akan menampung makanan belum bisa bekerja maksimal setelah sebulan berpuasa. Akibatnya, akan terjadi kondisi kelainan pada sistem pencernaan yang melibatkan organ dan jalur peredaran dalam proses mencerna makanan di dalam tubuh. Maka timbulah berbagai penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti sakit perut, maag, penyakit asam lambung, perut kembung, mual dan sebagainya.

Hidangan khas lebaran yang menggugah selera ini tak hanya menyerang sistem pencernaan, akan tetapi juga patut diwaspadai bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung, hipertensi, kolesterol, kanker, diabetes, asam urat dan yang lainnya. Daging, kacang goreng dan kuah bersantan yang terkandung dalam makanan khas lebaran itu adalah pemicu kambuhnya penyakit berat tersebut.

Foto : meetdoctor

Ada beberapa cara untuk menangkal penyakit yang akan menyerang usai mengonsumsi hidangan khas hari raya, yakni dengan cara tetap menjaga pola hidup, menjaga pola makan dengan cara mengurangi makanan yang menjadi sumber munculnya penyakit, serta tetap melakukan kegiatan berolahraga secara teratur.

Selama liburan lebaran, perut yang sudah terisi dengan berbagai makanan khas tersebut, alangkah baiknya jika Sobat Zonbie mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi untuk menambah asupan serat, protein, dan antioksidan bermanfaat bagi tubuh.

Sobat Zonbie juga dapat melakukan olahraga teratur di rumah, seperti melakukan beberapa gerakan ringan atau jalan kaki yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berjalan kaki bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Comments
Shares