Bedah Detail Peranti Rem Depan Motor Balap Listrik FIM Enel MotoE

Belum lama ini produsen rem asal Italia, Brembo diumumkan untuk menjadi pemasok utama peranti rem pada motor balap listrik dunia FIM Enel MotoE.

Nggak lama, Brembo pun merilis detail komponen rem di motor yang dipasok oleh Energica Ego Corsa tersebut. Sayangnya, baru ada keterangan rem depan, tapi nggak membahas soal rem belakangnya. Anyway, dari pada penasaran yuk intip komponennya.

Pertama komponen cakram depannya nih Sob. Ada Brembo T Drive steel disc 336 mm dengan ketebalan 7,1 mm yang didesain khusus untuk Energica Ego Corsa.

Cakram T-Drive yang juga sudah dikenal bagi penikmat modifikasi motor ini diklaim mampu mencegah terjadinya kerusakan mekanik akibat suhu pemakaian balap yang ekstrim.

Lalu ada kaliper GP4-PR. Kaliper dengan 4-piston titanium ini sebelumnya pernah dipakai motor MotoGP hingga 2017. Tepatnya saat cakram berbahan steel masih dipakai saat balapan hujan.

Master remnya memakai tipe radial dengan dua pilihan, yakni 19 mm dan 18 mm.

Sementara kampasnya mengandalkan tipe Z04 yang sudah dipakai di motor-motor kejuaraan dunia superbike, supersport dan Moto2. Yang juga tersedia di pasar umum.

Karakter kampas ini memiliki friksi yang tinggi dengan performa konstan. Terutama saat cakram berada di dalam suhu yang tinggi. Brembo Z04 diyakini tetap memberikan pengereman yang baik selama lomba.

Selain Brembo, peranti lain yang jadi pemasok di MotoE adalah pelek Marchesini. Nantinya seluruh motor Energica Ego Corsa akan dilengkapi dengan pelek palang tujuh berbahan almunium tempa dari Marchesini.

Comments
Shares