Bedah Mesin Yamaha Lexi, Pakai Teknologi VVA Pertama di Kelas 125 cc

Salah satu faktor yang membuat Yamaha yakin akan kesuksesan skuter Lexi yang baru meluncur di Jakarta pekan lalu adalah sektor mesinnya.

Berbasis mesin Blue Core dari Aerox/NVX 125, Lexi bakal menjadi kejutan bagi penggemar Yamaha karena performanya yang mumpuni untuk berkendara di dalam kota.

“Mesin Lexi berbasis Aerox atau NVX 125 di Vietnam. Mesin ini sudah memakai teknologi VVA (Variable Valve Actuation),” buka Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Loading...


Menurutnya, penggunaan VVA yang mengombinasikan dua bukaan klep. Kelebihannya torsi motor di putaran mesin rendah hingga menengah terus terisi, tanpa mengorbankan tenaga di putaran atas. Hasilnya, tenaga Lexi mencapai 8,75 kw atau 11,7 dk per 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm di 7.000 rpm. Bandingkan dengan pesaingnya, Honda Vario 125 yang punya tenaga 11,1 dk di 8.500 rpm.

“Teknologi ini jamak ditemui di mobil. Tapi untuk motor, hanya ada di Yamaha dan mesin 125 cc baru Lexi yang memakainya,” urai Morimoto.

Selanjutnya..

Loading...