Bedah Sistem Elektronik Moto2 2019, Makin Canggih Sob

Seperti diungkapkan pebalap asal Indonesia, Dimas Ekky, tahun depan Moto2 akan memiliki perubahan signifikan. Mulai dari aplikasi mesin 3-silinder 765 cc dari Triumph hingga penggunaan sistem elektronik dari Magneti Marelli.

“Sekarang dibantu elektronik,” kata Dimas Ekky pada Zonbie beberapa waktu lalu.

Nggak perlu penasaran Sobat Zonbie. Dikutip dari Paddock-GP ada sederet peranti elektronik yang terpasang di motor Moto2. Seperti apa?

ECU

Ini tentu peranti penting, karena berfungsi sebagai ‘otaknya’ motor. Selain dirancang sebagai pembaca sensor di motor, ECU dari Magneti Marelli yang dilengkapi software khusus untuk membaca data motor.

ECU dengan 112 pin ini dilengkapi dengan kemampuan komputasi yang baik, data logger internal memiliki kapasitas memori 1 GB dan inti rekaman mampu menangani berbagai jenis data pada frekuensi hingga 1000 Hz.

Alhasil, tim nggak perlu lagi repot untuk mencari data. Selain itu, pengalaman dari Moto2 ini juga akan berguna jika pebalap naik kelas ke MotoGP. Karena pengembangan utamanya adalah mengintegrasikan dan menyesuaikan teknologi canggih dan kompleks yang dikembangkan untuk MotoGP.

Selanjutnya, panel dashboard…

Comments
Shares