Friday, October 23, 2020

Begini Cara Aman Melintasi Kendaraan Besar Sob!

Sudah banyak kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti bus dan truk dengan sepeda motor terjadi. Kecelakaan tersebut pun menyebabkan banyak korban jiwa termasuk para pemotor. Berikut Zonbie berikan tips cara aman berkendara di ruas jalan yang juga dilintasi bus dan truk.

Bagi kebanyakan bikers yang suka melakukan perjalanan jauh (touring) pasti sering melintasi jalur antar kota dan provinsi. Di jalur tersebut bikers kerap berjumpa dengan kendaraan besar seperti bus dan truk. Disaat itulah para bikers dituntut untuk berkonsentrasi tinggi dan waspada akan segala kemungkinan yang terjadi.

Cara Aman Berkendara

Seperti yang disampaikan oleh Panglima Daeng Batara dari NMax Riders. Sebagai pehobi touring, pastinya Bro Daeng kerap sekali melintas jalur yang juga dilalui bus dan truk besar. “Kita harus tetap konsentrasi memastikan aman posisi depan disaat kita ingin menyalip dan melewati truk.” ujarnya.

Lebih lanjut Bro Daeng menyampaikan bahwa kita harus waspada pada titik blind spot kendaraan tersebut. Kita menggunakan sepeda motor yang ukurannya jauh lebih kecil dari kendaraan bus atau truk. “Untuk itu ketika berada di sekitarnya, kita mesti waspada dan berikan tanda keberadaan kita dengan sinyal lampu ataupun klakson. Dengan cara itu pengendara bus atau truk akan waspada dan mengerti akan keberadaan kita.” jelasnya.

Cara Aman Berkendara

Sementara itu Agus Sani, Instruktur Safety Riding Wahana Honda berbagi tips cara aman berkendara dengan sepeda motor di jalan yang juga dilintasi kendaraan besar berikut adalah tipsnya.

Ketika melewati kendaraan besar yang ada di jalan raya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Ketika kita dilewati kendaraan besar dan posisi kita berada di depan kendaraan tersebut, maka berhati-hatilah karena akan ada angin yang mendorong keluar dan pada sisi belakang, angin tersebut cenderung menarik kedalam roda belakang.
  • Pastikan lampu depan sepeda motor kita menyala, agar kendaraan-kendaraan yang berada di sekitar kita dapat lebih waspada terhadap posisi keberadaan kita.
  • Hindari area blindspot kendaraan tersebut, karena pandangan mata pengendara terbatas ketika harus melihat dari kaca spion.
  • Jangan berkendara di samping kendaraan besar, sebaiknya ambil posisi di depan kendaraan atau di belakang kendaraan.
  • Jika ingin melewati kendaraan besar pastikan area depan kendaraan tersebut dalam keadaan aman, lalu gunakan sen kanan untuk memberikan informasi jika kita ingin mendahului, gunakan gigi rendah untuk mendahului kendaraan tersebut agar sepeda motor bisa lebih cepat dari kendaraan yang akan dilewati dan berikan tanda dengan mengangkat jempol tangan jika kendaraan tersebut memberikan jalan sebagai tanda terima kasih dalam etika berkendara.

Latest Update

Filter Ferrox Ninja ZX-25R Laku Keras!

Kawasaki Ninja ZX-25R yang hadir beberapa waktu lalu, sangat laris keras. Hal ini dibarengi juga dengan filter Ferrox Ninja ZX-25R, sebagai komponen after market...

(VESPA PRIMAVERA) RED Hadir Untuk Bantu Melawan HIV/AIDS

Setelah sebelumnya hadir melalui Vespa 946 RED, Vespa kembali bekerjasama dengan Global Fund RED dengan menghadirkan (VESPA PRIMAVERA) RED. Vespa telah menjalin kemitraan penting dengan...

Honda Genio Tampil Atraktif Dengan Grafis Baru

PT Astra Honda Motor hadirkan Honda Genio dengan tampilan baru. Honda Genio kini tampil lebih atraktif dengan penyematan grafis bergaya classy fun sport dan...

Kopdar Cari Keringat, ALEXIS Sparing Futsal Lawan HPCI Surabaya

Arek Lexi Surabaya (ALEXIS) kembali menggelar kopdar sambil olahraga futsal. Pada Kopdar cari keringat kali ini, ALEXIS tanding sparing melawan HPCI Chapter Surabaya. Setelah sebelumnya...

Paladyne E1000MP, Pistol Pengacau Drone Nakal

Drone Defence hadirkan Paladyne E1000MP, sebuah pistol pengacau drone yang akan mengamankan aset Sobat Zonbie dari gangguan drone nakal yang dimanfaatkan oleh orang yang...