Yamaha RX King

Pilih Oli Samping Yamaha RX King, Cari Yang Ramah Lingkungan

Di pasaran, ada bermacam merek oli samping yang bisa Sobat Zonbie pilih untuk Yamaha RX King. Standarisasinya terdiri atas tiga macam yaitu JASO FB,  JASO FC dan JASO FD. JASO (Japanese Automotive Standards Organization), adalah organisasi yang mengatur standarisasi otomotif buatan Jepang.

Untuk oli samping, lebih baik pilih oli dengan kode JASO FC atau JASO FD, kode tersebut bisa dilihat pada kemasan botol oli-nya. Standar JASO FC juga sudah cukup baik untuk melindungi piston, ring piston, kruk as, silinder Blok, dan semua part mesin motor yang bergesekan lainnya. Selain itu, oli juga lebih awet dan lebih ramah lingkungan. Sementara oli JASO FD boleh dipilih untuk Sobat Zonbie yang telah memodifikasi sektor mesin motornya.

Sedangkan oli dengan kode JASO FB memiliki spesifikasi yang masih rendah dan biasanya berbahan dasar mineral, pada gas buang asapnya masih lumayan tebal. Harganya memang paling murah, yakni berkisar Rp 20-30 ribuan saja.

Bandingkan dengan harga yang ditawarkan pada oli JASO FD, semisal pada merek Vrooam yang dilepas Rp 190 ribu, atau Motul seharga Rp 120 ribu dan Eni Oil Rp 200 ribu. Sedangkan JASO FC lebih terjangkau, seperti merek Idemitsu yang dilepas Rp 43 ribu, BM1 Rp 50 ribu atau Mavic yang dilepas Rp 60 ribu.

Sebagai catatan, sistem pelumasan pada motor 2 tak seperti motor Yamaha RX King, berbeda dengan sistem pelumas motor 4 tak seperti Yamaha Vixion. Pada motor 4 tak pelumasan hanya memakai 1 macam oli saja, namun pada motor 2 tak pelumasan terbagi menjadi 2 bagian. Pelumas pertama untuk melumasi bagian transmisi saja, dan pelumas kedua untuk melumasi bagian ruang as-kruk atau bagian di belakang piston yang biasa disebut oli samping.

Pelumasan dibuat berbeda karena ruang transmisi dan ruang engkol (kruk-as) terpisah. Pelumasan pada ruang engkol dibuat tercampur bersama bahan bakar dengan perbandingan tertentu dan kekentalannya lebih encer bila dibandingkan dengan pelumas untuk transmisi.

 

Comments
Shares