Tuesday, January 19, 2021

Belgia Minat Gelar MotoGP di Sirkuit Spa Francorchamps

Sudah sejak era 90-an, sirkuit legendaris Spa Francorchamps di Belgia absen dari ajang balap motor MotoGP. Tapi kabarnya, ajang MotoGP siap kembali hadir di trek tersebut.

Seperti dikutip dari Asphalt & Rubber, pemerintah wilayah Wallonia, lokasi Spa Francorchamps menyatakan menyetujui pinjaman 29,5 juta Euro untuk mengupgrade sirkuit tersebut.

Perombakan layout ditujukan agar sirkuit yang dikenal menantang di arena Formula 1 ini memenuhi standar keselamatan balap motor.

Sebelumnya, agensi pembangunan wilayah tersebut, SOGEPA menggelontorkan dana yang cukup besar untuk memperbarui dan memodernisasi sirkuit tersebut.

Sehingga total pinjaman untuk menghadirkan balap motor di Spa Francorchamps mencapai 80 juta Euro, atau setara Rp 1,2 triliun.

Jumlah tersebut sudah termasuk dana sebesar 51 juta Euro untuk menghadirkan balap motor internasional di sana.

Kenapa butuh dana begitu besar untuk memperbaiki sirkuit yang sudah ada? Ini karena membuat sirkuit yang aman untuk balap motor tidaklah mudah.

Trek Spa Francorchamps kerap berangin kencang dan dikelilingi hutan berbukit yang menyusahkan untuk membangun run off. Selain itu, sirkuit terakhir dipakai ajang MotoGP pada 1990. Jadi butuh layout baru yang aman.

Latest Update