Beli Yamaha RX-King Bekas, Perhatikan Hal Berikut

Kembali meriahnya penjualan Yamaha RX-King bekas membuat banyak orang rela membayar lebih untuk motor dengan kondisi layak jalan. Namun, tak sedikit pula para penjual nakal yang memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan besar. Nah, buat Sobat Zonbie yang berminat membeli RX-King bekas, ada baiknya memperhatikan hal berikut.

Untuk komponen mesin, bisa dicek dari suara dan getarannya. Meski RX-King adalah motor 2-tak yang berisik, namun jika ada bunyi dan getaran yang aneh, maka bisa dipastikan motor tersebut tak layak jalan.

“Sampai rumah mesin ngeretek dan motor tak pernah dipakai lagi,” ucap Adit Maulana dari Bogor yang tertipu pedagang RX-King online dari Sukabumi.

Selanjutnya, cek juga kondisi karburator, pompa oli dan head mesin. “Karena usia pakai, komponen tersebut terkadang harus diganti,” jelas Haji Roni Rayhan pemilik bengkel spesialis RX-King, Bellatex Motor Racing Team. Kerusakan komponen-komponen tersebut tak jarang mengakibatkan motor mogok di jalan.

Untuk yang mengincar RX-King generasi pertama, alias King Kobra, perhatikan juga keorisinalitasnya. Semakin orisinal, makin mahal, terutama yang berkode mesin Y1.

Dan yang tak kalah penting, cek juga bagian nomor rangkanya. “Karena usia, bisa saja kondisi nomor rangka kropos dan bisa hilang satu atau dua nomor. Agar bebas masalah saat mengurus surat-suratnya, lebih baik dicek terlebih dulu sebelum membeli,” urai Congar dari komunitas Jaelani Kings Club.

Comments
Shares