Benarkah Teknologi YEIS Pemicu Kecepatan Yamaha RX King?

YEIS

Sejak kehadirannya di Indonesia pada 25 tahun silam, Yamaha RX-King dikenal sebagai motor yang identik dengan kecepatan. Tapi, benarkah kecepatannya dipicu oleh teknologi YEIS?

Hadir dengan mengusung mesin 135 cc, salah satu pendukung performa motor yang menjadi idola kecepatan ini adalah teknologi Yamaha Energy Induction System (YEIS).

Loading...


YEIS adalah tabung yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar, sehingga percampuran bahan bakar tersebut tidak terbuang percuma. Selain campuran bahan bbakar tidak terbuang percuma, YEIS juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Cara kerjanya: sebuah tabung plastik di bawah tangki yang berfungsi sebagai penampung campuran gas baru dihubungkan dengan selang ke reed valve. Jadi saat reed valve terbuka, campuran gas baru dari karburator masuk ke dalam ruang bakar. Campuran gas baru yang telah terlanjur keluar dari karburator akan tertahan diantara reed valve serta karburator pada saat reed valve dalam keadaan tertutup. Sisa campuran gas baru itu dialirkan dan disimpan pada tabung YEIS.

Proses ini akan berlanjut terus dan menjadi siklus. Sampai pada saat memerlukan akselerasi tinggi dan menarik handle gas semakin besar lagi, kevakuman menjadi lebih tinggi, serta campuran gas baru yg masuk tidak cuma dari karburator, namun disemprotkan juga dari tabung YEIS.

Loading...


Dengan sistem dan cara kerja yang sangat sederhana ini, YEIS berhasil menjadi pemicu kecepatan Yamaha RX King yang selama ini menjadi ciri khasnya.