Wednesday, October 28, 2020

Beragam Merek dan Tipe Helm, Mana Tipe Helm Favorit Mu?

Di pasaran, hadir beragam merek dan tipe helm. Seiring berjalan waktu, fungsi helm pun tak sekedar sebagai alat pelindung saja, tapi sudah jadi bagian dari gaya hidup.

Beragam helm hadir dengan bermacam tipe, model dan corak yang mampu menunjang gaya hidup masyarakat perkotaan.

Dari sekian banyak tipe dan model helm , mana helm favorit mu?

5 Helm Balap

Helm Full Face

Helm full face dianggap paling memberi perlindungan maksimal karena desainnya yang hampir menutupi semua bagian kepala. Helm ini cocok digunakan oleh pengguna motor sport full fairing maupun naked, baik untuk touring maupun harian.

Tapi tak sedikit pengguna motor bebek dan matik menggunakannya untuk harian maupun touring. Selain faktor keamanan dan keselamatan, merek, desain dan motif grafisnya dianggap mampu menunjang gaya hidup kaum muda perkotaan yang aktif dan dinamis.

Helm Shoei J-Cruise II

Helm Half Face

Sesuai modelnya, helm ini hanya memberi perlindungan maksimal pada bagian vital dari kepala yakni kepala bagian belakang, atas dan samping. Sementara bagian depan atau area wajah, menggunakan visor yang lebih besar untuk melindungi wajah dari terpaan debu, kotoran atau benda padat berukuran kecil lainnya.

Bicara masalah kepantasan, helm jenis ini sangat cocok disandingkan dengan motor bebek dan matik. Tapi karena praktis dan tetap aman digunakan, tak jarang pengendara motor sport pun menggunakan helm model ini.

Helm Modular

Helm ini mengkombinasikan antara model full face dan half face. Dengan helm ini, pengendara motor bisa mendapatkan perlindungan keamanan helm full face dan kepraktisan helm half face dalam satu helm.

Karena itu, helm modular sangat cocok digunkan untuk touring jarak jauh dan harian.

Helm Open Face

Bentuknya serupa dengan helm half face. Tapi helm ini tak punya dudukan visor. Biasanya, penggunanya akan menggunakan kaca mata untuk melindungi mata dari debu dan kotoran.

Desain helm open face sangat mencuatkan kesan retro. Karena itu, helm ini lebih banyak digunakan oleh pengguna motor klasik atau custom untuk memperkuat gaya klasik dan retro.

Helm Off Road

Helm Off Road / Cross

Helm off road jelas didesain khusus untuk pengguna motorcross atau trail. Helm ini punya desain yang sangat berbeda dengan helm full face pada umumnya, meski keduanya menutupi hampir semua bagian kepala. Kenapa?

Berkendara di medan off road sangat menguras tenaga sehingga pengendara akan lebih sering menarik dan membuang nafas. Karen itu, desainnya dibuat meruncing pada bagian mulut agar sirkulasi udara lebih maksimal.

Di sisi lain, tak digunkannya visor lebih kepada faktor kepraktisan membersihkan kotoran yang terpental ke bagian wajah. Pengendara cukup melepas goggle / kaca mata, tak perlu melepas helm dan visor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Helm Lokal Mampu Bersaing Dengan Helm Impor? Coba RSV Helmets Dulu Deh!

Helm jadi kebutuhan utama dan sangat vital bagi para bikers. Saat ini, banyak bikers yang lebih memilih produk helm impor ketimbang produk helm lokal. Pada...

AHM Umumkan Pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020

PT Astra Honda Motor (AHM) umumkan pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020. Sebuah kompetisi yang diadakan perusahaan untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi di masa...

Max Zona Community Resmi Deklarasikan Diri

Pada akhir pekan lalu, jadi momen bersejarah bagi Max Zona Community (MZC). Komunitas bikers penunggang skuter matik Maxi ini, mendeklarasikan diri di Puncak, Bogor...

Kolaborasi Kegiatan Sosial Komunitas di Jayapura Sambut Sumpah Pemuda

Sebuah kegiatan sosial dilakukan oleh para bikers dari berbagai motor di Jayapura. Kolaborasi kegiatan sosial ini digelar dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang...

OYIKA Baterai Motor Listrik Siap Hadir di Indonesia

OYIKA merupakan sebuah perusahaan asal Singapura yang menerapkan konsep berbagi baterai untuk sepeda motor listrik di 2018. OYIKA hadir di Indonesia pada tahun 2020...